mindis.id
Latest News

Tentang

MINDIS.ID adalah portal warga yang menampung tulisan kreatif dan kritis para warga. Kehadiran kami bertujuan sebagai medium selancar dunia maya bagi penulis yang ingin gagasan dan opininya terpublikasi secara luas. Kami bukanlah portal warga mainstream. Sumber tulisan kami berasal dari netizen yang kemudian disebut sebagai citizen journalism. Redaksi turut ambil bagian dalam menyortir, mengedit, dan memposting setiap naskah yang masuk.

Dengan fasilitas teknologi yang berkembang pesat, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan, serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan. MINDIS.ID menampung beragam konten yang menarik, bermanfaat, dan dapat dipertanggungjawabkan dari semua lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang profesi, komunitas (hobi), sosial, budaya, dan kompetensi. Keterlibatan warga secara masif ini diharapkan dapat dengan cepat menggulirkan arus informasi dengan tujuan semakin matangnya proses demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Portal warga ini membuka selebar-lebarnya ruang bagi jurnalis, para tokoh masyarakat, regulator, pengamat, serta pakar dari berbagai bidang, keahlian, dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat, gagasan, apresiasi terhadap suatu peristiwa. Di sini setiap orang didorong menjadi seorang penulis yang, atas namanya sendiri, dapat mengonkretkan kejernihan ide dan ketajaman pemikirannya. Tren jurnalisme warga (citizen journalism) seperti ini sudah mewabah di banyak negara maju sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi yang memungkinkan masyarakat pengguna internet (netizen) menempatkan dan menayangkan konten dalam bentuk teks, foto, ataupun video.

Mindizen (sebutan orang-orang yang beraktivitas di MINDIS.ID) juga diberi kebebasan menyampaikan gagasan, pendapat, ulasan, maupun tanggapan sepanjang tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Setiap konten yang tayang di MINDIS.ID menjadi tanggung jawab Mindizen yang menuliskannya.

Ada beberapa alasan mengapa MINDIS.ID berlatar biru dan merah. Biru, memiliki makna yang dekat dengan kreativitas. Dalam hal ini, MINDIS.ID berharap para Mindizen dapat menyalurkan kejernihan ide serta kreativitas gagasannya di sini. Merah, memiliki makna yang dekat dengan berani. Dalam hal ini, MINDIS.ID berharap para Mindizen berani dalam menyampaikan pendapat dan gagasannya, serta tajam dalam mengulas opininya. Terakhir, sebagai sebuah media warga, MINDIS.ID ingin menjadi sahabat bagi netizen yang haus akan informasi, membutuhkan ruang interaksi baik di dunia maya maupun di dunia nyata, serta mencerahkan bagi seluruh pembaca setia MINDIS.ID, karena ide tidak harus berhenti di warung kopi.


Salam,
Ahmad Hidayah
CEO/Founder MINDIS.ID 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tentang Rating: 5 Reviewed By: mindis.id