Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

27 January 2020

Smart Bangun Negeri Komitmen terhadap Mutu

Baca Juga



Rabu (3/10), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Smart Bangun Negeri mendapat kunjungan dari asesor Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF Jawa Barat. Hal tersebut merupakan upaya inline PKBM Smart Bangun Negeri dengan Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 60 Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Akreditasi ini dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal di setiap jenjang serta jenis Pendidikan.

“Di tahun berjalannya yang kedua, Smart Bangun Negeri fokus pada pembenahan mutu. Maka dari itu, dengan segenap kemampuan, seluruh tim manajemen berkomitmen mengikuti prosedur akreditasi ini,” ungkap Hamzah, Kepala Sekolah PKBM Smart Bangun Negeri.

Standar mutu penyelenggaraan pendidikan terdiri atas delapan standar penilaian mutu. Satuan pendidikan hanya tinggal mengisi secara online berkas pemenuhan akreditasi melalui sistem yang dinamakan Sispena. Setelah itu, visitasi dilakukan oleh asesor BAN PAUD-PNF ke satuan pendidikan tersebut.



Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Pasal 1 Ayat 32 menjelaskan bahwa akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. “Dengan diakreditasinya PKBM Smart Bangun Negeri, kami berharap komitmen manajemen sekolah dalam penyelenggaraan KBM sesuai dengan standar nasional. Kami punya visi untuk warga belajar yang tidak hanya sekadar lulus lalu dapat ijazah. Namun peserta didik juga dapat mengikuti kursus yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Pada akhir program, kami akan melakukan assessment hingga warga belajar masing-masing memiliki sertifikat kompetensi,” kata Hamzah yang juga aktif di bidang assessment dan audit manajemen lembaga sertifikasi profesi berlisensi BNSP.



Masyarakat kini tidak perlu khawatir dengan penyelenggaraan pendidikan nonformal. Smart Bangun Negeri, berlandaskan pada Permendikbud Nomor 129 Tahun 2014 tentang Sekolah Rumah, juga memiliki program homeschooling dengan metode pembelajaran digital dan klasikal (visit tutor). “Kini belajar bisa lebih menyenangkan dengan dipandu tutor yang kompeten serta manajemen yang bermutu seperti yang ada pada Smart Bangun Negeri,” tandas Hamzah. red

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman