Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

07 January 2019

Fenomena Mukbang yang Merajalela

Baca Juga



Kata Mukbang berasal dari bahasa Korea ‘meokbang’ yang berarti eating broadcasting atau acara siaran makan yang ditayangkan secara online dan mulai terkenal di channel Naver Korea, dimana pembawa acaranya biasa disebut dengan BJ atau Broadcast Jokey. Nah, BJ inilah yang akan menikmati sejumlah makanan dalam kuantitas besar sambil berinteraksi dengan penontonnya. 

Setelah terkenal di Korea Selatan, mukbang juga menjalar ke mancangara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapore, Jepang, China, Australia, serta Indonesia. Mukbang pun masuk ke dalam segala platform, mulai dari tv, Youtube, instagram dan lain – lain. 

Saat ini, video mukbang tidak hanya sekedar acara makan saja. Beberapa BJ juga menunjukkan cara mereka memasak makanan yang akan dinikmati pada video mukbang mereka. Dengan begitu, akan semakin mengunggah selera makan dan para penonton juga bisa mempraktikkan resep makanan pada video mukbang tersebut. 

Sekarang mukbang lebih ke arah entertain, misalnya dalam konten Youtube, para influencer baru akan mengikutinya dan mereka mulai mencoba konten mukbang dengan makanan-makanan yang aneh. Namun, bukan berarti mereka suka dengan makannya,  hal ini hanya mengikuti tren mukbang demi menaikkan popularitas channel mereka.

Walaupun cukup populer dan mendunia, bukan berarti Mukbang tidak luput dari pro dan kontra. Banyak kritikan pula untuk para konten creator Mukbang, yang Menurut mereka, tidak ada gunanya melihat orang-orang makan seperti itu, terlihat rakus, dan hanya menghamburkan banyak uang. Namun, bagi para penikmat video mukbang, mereka merasa dimanjakan dengan suara-suara dan makanan yang menggugah selera,mereka  juga dapat berkreasi dengan resep yang ada di video tersebut. 

Sedangkan mungkin bagi orang Korea atau pun BJ Korea, mereka merasa bangga karena mukbang ini dapat diterima oleh orang banyak dan bahkan BJ dari negara lain mengikuti tren ini, yang dimana secara tidak langsung juga mempromosikan kuliner Korea Selatan. Jadi kembali lagi, pada dasarnya mukbang tersebut dilakukan untuk memperkenalkan akan sebuah kenikmatan dari setiap makanan. 



Ella Imroatun Nurfaizah
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 

sumber gambar : http://dnputri115.blogspot.com 

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman