Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, January 9, 2019

Belajar Mencintai Satwa Bersama Komunitas Satwa Eksotik (KSE)

Baca Juga

   Komunitas Satwa Eksotik (KSE) Jakarta saat sedang kopi darat di Daerah Kembangan, Jakarta Barat.  

MINDIS.ID, Jakarta - Keeksotikan sebuah hewan ternyata membuat sebagian orang tertarik untuk memelihara serta mencintai hewan tersebut. Sebut saja Komuntas Satwa Eksotik (KSE) yang tidak hanya menfokuskan pada satu hewan saja. KSE merangkul semua jenis hewan, yang memiliki nilai eksotik, seperti ular, kadal, kura-kura, tarantula, burung ataupun musang. 

KSE bukanlah sebuah komunitas kecil. Jumlah anggotanya sudah mencapai ribuan orang diseluruh Indonesia. Cabang KSE antara lain seperti KSE Semarang yang merupakan daerah pusatnya, KSE Bali, KSE Blitar, KSE Bandung, KSE Bogor, KSE Wonogiri, KSE Surabaya, hingga KSE Bangka Belitung. 

Pada mulanya, KSE didirikan oleh beberapa orang yang memelihara hewan eksotik. Karena hewan eksotik tersebut banyak digemari, beberapa orang tersebut akhirnya memutuskan untuk membentuk sebuah komunitas pecinta hewan. Alhasil, terbentuknya KSE pada tahun 2013.  

    KSE Jakarta berusaha mengedukasi pengunjung di Taman daerah Kembangan Jakarta Barat tentang menariknya sebuah binatang.  

Setelah terbentuknya KSE, komunitas ini mulai melebarkan sayap dengan cara promosi di sosial media, yaitu facebook. Seiring berjalannya waktu KSE pun semakin dikenal banyak orang sehingga banyak pula yang bergabung dan mulai memelihara binatang – binatang eksotik ini.
komunitas KSE sering pula kopi darat sesama anggotanya. Sembari silahturahmi, mereka membuat kegiatan rutin yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang bagaimana pelestarian makhluk hidup, seperti KSE Jakarta melakukan perkumpulan dua kali dalam sepekan Taman BPN Kembangan. Di taman ini, mereka memamerkan hewan – hewan cantik tersebut dan melihatkan kepada pengunjung taman bahwa hewan yang menakutkan ternyata juga memiliki daya tarik tersendiri. 

Tak hanya di Jakarta saja, KSE Surabaya juga sempat melakukan sebuah event bertema edukasi satwa dan lingkungan melalu kegiatan mewarnai, games dan edukasi langsung melalui interaksi dengan satwa dari beberapa komunitas satwa di Surabaya. Tak hanya itu masih banyak kegiatan lainnya yang dilakukan KSE setiap daerahnya. 


Dewi Ardianti 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman