mindis.id
Latest News
Wednesday, December 5, 2018

YouTube vs TV, Mana yang Lebih Unggul?

Baca Juga



Pada zaman yang serba digital ini, banyak orang yang lebih memilih YouTube untuk mengembangkan kreatifitasnya, karena mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Dari kacamata kreator, youtube menjadi tempat yang paling efektif dan efisien. Secara ongkos lebih murah, bebas mengembangkan ide, dan memiliki jangkauan yang sama besarnya dengan penonton TV. 

Masalahnya, karena setiap kreator bisa masuk ke Youtube, maka ide yang ditampilkan haruslah benar – benar brilian dan mengundang banyak penonton. Istilah dalam internet disebut dengan “viral”. Jika konten yang ditampilkan biasa – biasa saja, tentu tidak akan banyak penontonnya. 

Dari segi bisnis, youtube pun cukup menghasilkan. Dengan jumlah viewers dan subscriber mempuni, para kreator pun bisa mendapat penghasilan. Bahkan, para kreator Youtube, atau yang sering disebut dengan Youtuber kini menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan.  

Walau sangat menjanjikan, namun sering kali konten Youtube tidak lah sesuai dengan kaidah dan etika. Sebab, siapa saja bisa mengunggah, apapun kontennya, dan siapapun bisa menonton apapun yang ia mau. Hal ini dikarenakan youtube tidak memiliki lembaga sensor layaknya TV, 

Kini banyak kreator yang isi dari chanel youtubenya tidak mendidik, dari bahasa yang kasar, perilaku buruk yang ditayangkan di chanel YouTubenya demi mengejar banyak viewers. Tanpa memikirkan dampak negatif apa yang ia sebarkan melalui videonya tersebut.

Di TV, program suatu acara dapat dipastikan bahwa akan berada di bawah pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) . Tetapi kini stasiun televisi swasta lebih mementingkan rating penonton dari pada memberikan tayangan yang berkualiatas untuk publik.

Berita yang terdapat pada TV cenderung lebih aktual yang bisa dipertanggung jawabkan disbanding dengan di YouTube, semua orang bisa mengakses dengan sembarang, tanpa ada lembaga hukum walaupun sekarang pemerintah membuat undang-undang ITE untuk siapapun yang menyebarkan hoaks melalui media sosial apapun. 

Hal ini banyak dimanfaatkan oleh banyak stasiun TV. Ruruh, salah satu Digital Content Creator dari salah satu TV swasta sudah lebih dari 5 tahun mengelola akun YouTube milik salah satu stasiun TV swasta, dari mulai mengedit dan sampai pada tahap mempublish. 

Ia mengakui bahwa keuntungan yang di dapat dari YouTube memang menguntungkan, dengan banyaknya iklan yang disisipkan pada videonya. Juga ada kebanggaan tersendiri ketika videonya banyak ditonton oleh orang banyak.

Aridha Fatma Adistia Darissa Putri
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 


Sumber gambar : https://www.theodysseyonline.com/

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: YouTube vs TV, Mana yang Lebih Unggul? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id