Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, December 10, 2018

Revolusi Bakpia Pathok

Baca Juga



MINDIS.ID - Bakpia Pathok menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Yogyakarta. Jika liburan tak membawa bakpia lantas ada yang kurang lengkap rasanya. Bakpia berupa jajanan roti basah yang dipanggang dengan aneka rasa di dalamnya. Bakpia mempunyai dua jenis, bakpia basah dan bakpia kering. Bahan yang digunakan keduanya memang sama, hanya saja beda di cara membuat kulitnya.

Pada saat itu, bakpia tidak dijual di toko mana pun yang ada di Yogyakarta, namun sebagian besar bakpia dijajakan secara eceran di rumah-rumah. Bakpia di rumah-rumah juga belum dikemas dan diberi label, hanya saja diberikan wadah besek. Setelah beberapa lama, bakpia menjadi terpopuler dan terkenal, mulailah muncul satu per satu produsen pembuatan bakpia di kawasan Pathok. Bakpia Pathok salah satu produk tertua di Yogyakarta, di kawasan tersebut terkenal pembuatan bakpia dengan menurunkan resep turun-temurun

Produsen bakpia tidak lagi menjajakan dagangnya dari rumah ke rumah, namun sudah membuka tokoh di rumahnya, dikemas dengan dus dan diberi label berasal dari nomor rumah sang pemilik usaha. Dari situlah mulai dikenal dengan Bakpia Pathok.

Masing-masing label bakpia juga masih bertahan dengan nomor rumahnya. Jadi kalian tidak perlu ragu lagi dengan adanya label angka tersebut, karena bisa memudahkan untuk membeli. Angka bakpia juga terdiri dari Bakpia Pathok 25, Bakpia Pathok 75, Bakpia 57, Bakpia 45, Bakpia 55, dan lainnya.

Berkembang zaman, bakpia sudah mengikuti perkembangan ikut menyesuaikan minat dari pelanggan. Bakpia pathok sekarang tidak hanya berisi kacang hijau saja, tetapi sudah banyak varian isi di dalamnya, seperti keju, cokelat, dan kacang merah.

Mencari oleh-oleh bakpia sangatlah mudah. Berbagai toko sudah banyak yang menjual tidak hanya Bakpia Pathok saja. Ada juga bakpia lain seperti Bakpia Kencana, Bakpia Pojok, Bakpia Kurnia Sari, dan lainnya. Jadi tidak perlu khawatir, sekarang toko bakpia sudah mulai menyebar luas di kawasan Yogyakarta. Bagi pecinta bakpia bisa membelinya di tempat terdekat seperti di Jalan AIP II KS Tubun, Jl. Bhayangkara Ng 1 No.504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132.


Dewi Ardianti
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: indonesiatravelguides.com

1 comment:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman