mindis.id
Latest News
Wednesday, December 12, 2018

Pernikahan Dini Sudah Jadi Hal yang Lumrah?

Baca Juga



Jodoh memang sudah diatur oleh Tuhan, walau manusia tidak mengetahui dengan siapa mereka berjodoh. Akan tetapi kita tidak bisa menolak, dengan siapa kita berjodoh karena itu semua sudah diatur.
Tak heran, banyak sekali anak-anak kecil yang sudah pintar berpacaran, walaupun mereka masih di bawah umur. Wajar banyak terjadi pernikahan dini pada anak-anak di bawah umur 20 tahun. 

Kita sudah tidak kaget lagi dengan pemberitaan tersebut di media cetak, elektronik dan sosial sudah menjadi berita hangat. Bahkan berita pernikahan anak yang masih di bawah umur ini menjadi pembicaraan ditingkat pusat lantaran banyaknya anak-anak menikah meski umurnya belum cukup.

Walaupun sudah ada undang-undang yang tidak memperbolehkan pernikahan di bawah umur, tetapi banyak sekali alasan yang disampaikan untuk tetap melakukan pernikahan diri tersebut. Hal itu mulai dari faktor ekonomi, faktor keluarga, ataupun faktor adat. Bahkan bisa jadi, hal itu terjadi karena memang sudah melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan sebelum sah menjadi sepasang suami istri.

Jika ini terus terjadi, beberapa faktor permasalahan akan terus bertambah. Seperti, meningkatnya angka perceraian karena dianggap belum siap secara fisik dan mental, lalu yang paling rawan terkena penyakit adalah perempuan karena kandungan belum siap sudah berisi sehingga ini rawan akan berbagai penyakit. Bisa jadi kematian pada perempuan tersebut karena belum kuat terhadap kandungannya atau saat melahirkan.

Seharusnya, dalam hal ini peran orang tua serta pemerintah turut andil dalam permasalahan ini. Mau gimana pun, anak-anak masih ada dalam tanggung jawab orang tuanya. Peran pemerintah dalam hal ini juga seharusnya memberi semacam edukasi terhadap anak-anak.

Seharusnya, jika sudah terdapat undang-undang yang tidak memperbolehkan pernikahan dini tetapi masih banyak masyarakat yang melanggar, lebih baik peraturan tersebut dicabut. Itu lebih baik daripada hanya menjadi pajangan. KUA pasti juga sudah mengetahui undang-undang tersebut, tetapi mengapa masih saja membolehkan pernikahan dini terjadi?

Merry Christine
Program Studi Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: tatianavanessa002.blogspot.com

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pernikahan Dini Sudah Jadi Hal yang Lumrah? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id