mindis.id
Latest News
Wednesday, December 5, 2018

Mereka yang Terus Bernyanyi di Stadion Sepakbola

Baca Juga

   Enrico, Salah suporter setia Persela Lamongan yang selalu setia berteriak dan bernyanyi mendukung tim kesayangannya. 

MINDIS.ID - Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan gesekan yang mudah terjadi antar supporter tim sepak bola dari berbagai daerah. Gesekan ini tentunya bukan tanpa dampak. Banyak dampak negatif dikarenakan rivalitas dari suatu tim sepak bola dengan yang lainnya dalam negeri sendiri. Seperti, meninggalnya Haringga Sirila, supporter Persija yang saat itu sedang ingin mendukung langsung tim sepak bola kesayangannya di Bandung yang sedang bertanding dengan Persib, hingga harus merelakan nyawanya sendiri karena dikeroyok belasan supporter Persib.  

Namun, hal tersebut tidak mengurungkan kebiasaan Enrico salah satu supporter PERSELA menonton pertandingan secara langsung tim sepak bola kebanggaannya dengan datang langsung ke stadion-stadion di luar kota. Ia mengaku tidak takut dengan adanya gesekan yang biasa terjadi di supporter tim sepak bola antar daerah, walaupun ia sempat mengalami dilempari batu oleh supporter tim lawan Persela. 

Enrico mengaku, memiliki kebanggan tersendiri tentunya jika ia bisa mendukung langsung tim sepak bola kesayangannya. Hal itu sudah menjadi panggilan jiwa pada dirinya. Pada saat Persela tanding, bagi Enrico dan warga Lamongan adalah satu ajang untuk bersilaturhami satu sama lain. Ia juga menuturkan bahwa menonton di Tv berbeda euforianya dengan menonton secara langsung. Semangat primordial merupakan faktor yang membentuk warga Lamongan untuk mendukung Persela secara langsung. 

Harapan Enrico untuk Supporter tim sepak bola Indonesia “Jangan mudah terpancing dengan hal yang nantinya akan merugikan kalian sebagai supporter, dan tim intinya. Karena tingkah laku kita sebagai supporter juga akan berdampak pada tim inti, seperti kasus salah satu supporter Persija yang dikeroyok belasan supporter Persib. Sebagai hukumannya, Persib tidak bisa bermain di kandangnya sendiri, harus ke luar pulau.”

    Darry, Salah seorang fans Persebaya saat menyaksikan Persebaya vs Persija di Gelora Bung Tomo, Surabaya (4/11) 

Sama halnya dengan Enrico,  Dari yang juga membagikan ceritanya sebagai salah satu supporter Persebaya kepada Mindis.id, ia mengaku menjadi supporter Persebaya tentunya diturunkan secara turun temurun. Selain berbangga hati karena sering menonton tim sepak bola Persebaya ke luar kota, bentuk dukungan Dari juga ia tunjukkan dengan membeli merchandise Persebaya di Official Store Persebaya. 

Di mata Dari, rivalitas memang hal yang wajar. Namun tidak benar jika salah kaprah. Di lapangan, biarlah tim kesayangan masing-masing yang menentukan jalannya pertandingan, menang atau kalah adalah hal yang biasa. Keluar stadion, kita tidak boleh lupa kalau kita sama-sama menginjak tanah Indonesia. Sebagai supporter, harus bijak dalam bertindak. 


Aridha Fatma Adistia 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mereka yang Terus Bernyanyi di Stadion Sepakbola Rating: 5 Reviewed By: mindis.id