mindis.id
Latest News
Saturday, December 1, 2018

Kisah Manis Remaja ala Dilan 1990

Baca Juga


 
Tanggal rilis: 
25 Januari 2018
Sutradara: 
Fajar Bustomi dan Pidi Baiq
Penulis: 
Pidi Baiq dan Titien Wattimena
Produser:  
Ody Mulya HidayatDurasi: 
1 jam 50 menitPemeran :
Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Brandon Salim, Giulio Parengkuan, Omara Esteghal, Yoriko Angeline, Zulfa Maharani, Gusti Rayhan, Andryos Aryanto, Refal Hady, Adhisty Zara, Stefhanie Zamora, dan Happy Salma.

Sinopsis
Film Dilan 1990 bercerita tentang manisnya kisah remaja, yang dibintangi oleh Iqbaal Dhiafakhri dan Vanesha Presscilla. Diangkat dari novel berjudul Dilanku 1990 yang ditulis oleh Pidi Baiq dan film Dilan sudah bisa disaksikan di bioskop.

Kisah Dilan (Iqbaal) dan Milea (Vanesha) dimulai dari perkenalan mereka di SMA Bandung. Mereka berdua bertemu saat Milea berpindah dari Jakarta ke Bandung, dari situlah Milea mengenal Dilan lebih jauh lagi. Dilan dikenal sebagai sosok yang pandai, baik hati, dan romantis kepada Milea.

Ia mempunyai cara tersendiri agar lebih dekat dengan Milea. Meski pembicaraan mereka terdengar kaku, tetapi Dilan mempunyai cara unik untuk memenangkan hati Milea. Dengan sikap kakunya, Milea semakin penasaran dengan Dilan.

Dalam waktu singkat, mereka harus terganggu dengan kehadiran Beni (Brandon Salim), yang merupakan pacar Milea yang dari Jakarta. Meski sebenarnya Dilan mampu membuat Milea mempercayai tujuan perjalanan akan sampai di satu titik yang sama. Akankah Dilan dan Milea bisa bersatu?

Membuat Tersenyum Sendiri Sepanjang FilmDari awal sampai akhir, adegan film Dilan 1990 memang sering membuat kita tersenyum karena karakter filmnya yang unik. Contoh kecilnya saat adegan di mana Dilan memberi surat undangan untuk Milea. Bahkan Milea belum mengenal Dilan, tetapi Dilan sudah berani memberikan surat. Dari isi surat tersebut ternyata Dilan mengundang Milea untuk datang ke sekolah setiap hari. Padahal Milea sudah pasti datang setiap hari ke sekolah.

Alasan film ini membuat tersenyum, karena adanya gombalan-gombalan seorang Dilan kepada Milea yang judes. Sampai akhirnya membuat Milea jatuh cinta karena karakter Dilan yang lucu. Memang di era 1990 belum ada handphone seperti saat ini, jadi gaya pacaran Dilan dan Milea masih menggunakan telepon umum.

Dalam film Dilan 1990 tidak hanya membuat tersenyum saja, tetapi ada pesan moral yang disampaikan saat Dilan diperlakukan kurang wajar oleh guru di sekolahnya. Dilan melawan dengan tegas. “Guru itu harus jadi panutan, kalau guru mencontohkan hal seperti itu kepada siswa, maka saya sebagai siswa berhak melakukan yang sama,” kata Dilan terhadap guru tersebut. Jadi buat generasi zaman sekarang, hargailah orang yang lebih tua ya! 


Dewi Ardianti
Program Studi Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: biosstars-mx.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kisah Manis Remaja ala Dilan 1990 Rating: 5 Reviewed By: mindis.id