mindis.id
Latest News
Wednesday, December 5, 2018

Inovasi Teknologi Dalam Bidang Olahraga

Baca Juga


MINDIS.ID - Seiring berkembangnya zaman, teknologi hadir dengan berbagai macam inovasi yang bertujuan untuk memudahkan manusia menjalankan kehidupannya. Salah satunya adalah dalam bidang olahraga. 

Demi kelancaran pertandingan olahraga,  dan menghindari terjadinya human error pada wasit sebagai hakim, teknologi sangat dibutuhkan untuk menunjang keadilan ataupun aktifitas di lapangan. Berikut 5 inovasi teknologi dalam berbagai macam bidang olahraga.

1. Teknologi Garis Gawang (Sepak bola) 

Teknologi garis gawang adalah teknologi yang menggunakan kamera sebagai sistem. Dengan kamera yang dapat diputar ulang kembali, memudahkan keputusan apakah bola telah melewati garis gawang atau belum.  Butuh waktu satu dekade untuk FIFA menggunakan teknologi ini sebagai otoritas sepak bola dunia.  

2. Monitor Jantung (Latihan Olahraga)
                                                                                     
Monitor jantung merupakan alat yang penting untuk digunakan ketika latihan olahraga, alat ini dirancang khusus untuk mengontrol  perkembangan kondisi tubuh saat berlatih.  Alat monitor jantung ini juga dapat menjadi alarm pengingat dari dehidrasi ataupun malnutrisi. Tanpa adanya alat ini, para atlet akan sulit mengontrol kestabilan jantung dalam tubuh mereka.

3. Foto Garis Finis (Atletik dan Pacuan Kuda)

Dalam cabang atletik dan pacuan kuda, foto garis finis ini memberikan kemudahan dalam memutuskan pemenang. Adapun hasil foto garis finis Ini mampu merekam 3.000 gambar per detik.
Inilah mengapa pada beberapa pertandingan lari atau pacuan kuda beberapa peserta terlihat bersamaan memasuki garis finis namun hanya satu yang keluar sebagai pemenang.

4. Petunjuk Waktu Multi Wajah (Bola Basket)

Papan penunjuk waktu dan skor terkadang terhalang pemain. Apalagi jika pada saat pemain berada pada posisi tembakan tiga angka.  Waktu yang tersisa tidak terlihat karena papan menghadap ke satu arah saja.

Kini, papan penunjuk waktu yang digunakan, dibuat dalam bentuk empat atau lima permukaan atau wajah. Sehingga waktu yang tersisa untuk mencetak skor dapat dilihat dari semua arah oleh pemain, juri, wasit, dan  penonton.

5. Cyclops Hawkeye (Tennis)
                                                                                                                                              
Cyclops merupakan sistem komputerisasi yang menggunakan enam baris lampu merah yang melingkupi sampai sekitar satu sentimeter dari permukaan lapangan. Jika bola jatuh di dalam lapangan, barisan lampu di luar lapangan akan otomatis padam. Jika bola jatuh di luar lapangan, akan terdengar suara out dan pertandingan dihentikan.

Sementara hawkeye atau mata elang, punya cara kerja yang terbilang lebih rumit. Sistem ini menggunakan beberapa kamera di beberapa sudut lapangan yang memantau pergerakan bola.
Kamera kemudian mengkalkulasikan posisi jatuhnya bola dalam bentuk 3 dimensi dan menampilkannya pada layar. Sehingga akan terlihat lebih akurat di mana posisi bola jatuh di atas lapangan.

Itulah beberapa alat inovasi teknologi di bidang olahraga, yang tentunya membawa dampak positif untuk dunia olahraga yang lebih baik. 


Aridha Fatma Adistia 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 


Sumber gambar : https://cdn.digitalsport.co/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Inovasi Teknologi Dalam Bidang Olahraga Rating: 5 Reviewed By: mindis.id