mindis.id
Latest News
Friday, December 14, 2018

Catatan Hitam Sepak Bola Indonesia Tahun 2018

Baca Juga




MINDIS.ID - Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan tingkat fanatisme sepak bola yang tinggi. Namun, bukannya membuahkan hasil yang baik, fanatisme sepak bola justru acapkali menimbulkan beberapa permasalahan, seperti kerusuhan antar suporter yang bahkan sempat merenggut nyawa seseorang. 

tidak hanya itu, pelaksana sepak bola Indonesia juga acap kali menuai kritik atas ketidak netral penyelenggara. Mulai dari pengaturan skor hingga terlibat dengan bandar judi kelas kakap. berikut catatatan hitam sepak bola Indonesia tahun 2018 : 

1. Tewasnya Salah Satu Suporter Persija Jakarta

Sepak Bola Liga-1  2018 rupanya mengisahkan kejadian yang begitu kelam, yaitu sesaat sebelum pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, pada 23 September 2018. Serangan oknum suporter Bobotoh, fans Persib, ini yang akhirnya menewaskan seorang suporter The Jakmania, yaitu Haringga Sirla. Akibatnya, Liga 1 pun dihentikan selama satu pekan.

2. Isu Pengaturan Skor yang Belum Berakhir

Isu pengaturan skor ini sudah ada sejak dahulu hingga menjelang akhir Liga 1 2018 kembali heboh. Bambang Suryo membuka siapa yang melakukan pengaturan skor sepak bola di Indonesia. Ungkapan Bambang Suryo secara terbuka itu pun menyebutkan Vigit Waluyo sebagai mafia dari pengaturan skor.

3. Borneo FC Dituduh Terlibat Match Fixing Liga 1

Borneo FC dituduh ikut terlibat kasus pengaturan skor (match fixing) di Liga 1 2018. Pengaturan skor ini terindikasi pada laga Borneo FC pun melawan PS Tira di Stadion Segiri, Samarinda. Namun, Presiden Borneo FC Nabil Husein Said Amin membantah tuduhan itu.

4. Anak Menpora Dipukul Oknum The Jakmania

Anak Menpora Imam Nahrawi menjadi korban pemukulan oleh oknum suporter The Jakmania saat menyaksikan pertandingan antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di Stadion PTIK, 26 Juni 2018. Hal itu disebabkan anak dari Iman Nahrawi itu memakai atribut Persebaya Surabaya dan spontan merayakan gol dari tim Persebaya Surabaya. Hingga akhirnya, insiden itu berujung ke ranah hukum.


Vivi Noer Febdra
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 


sumber gambar : https://www.liputan6.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Catatan Hitam Sepak Bola Indonesia Tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: mindis.id