mindis.id
Latest News
Friday, November 23, 2018

Spot Foto Terbaik di Bromo

Baca Juga




MINDIS.ID - Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

    Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) saat berkunjung ke tempat wisata Gunung Bromo. Sumber: Dok Pribadi 

Beberapa tahun belakangan ini, Gunung Bromo jadi salah satu objek wisata favorit orang-orang yang berekreasi ke Malang. Pemandangan pegunungan Bromo serta hamparan pasir yang memanjakan mata membuat orang yang datang ingin mengabadikannya Bersama keluarga dan teman. Namun, apa guna jika tidak tahu tempat foto yang menarik di Bromo?

Agar koleksi foto jalan-jalan kamu makin keren, simak daftar titik foto Bromo yang eye catching di bawah ini!

1. Gunung Pananjakan

    Wisatawan asing berfoto di Pananjakan. Sumber foto : https://travel.kompas.com/ 

Mengapa Pananjakan dulu, bukan Bromo? Yap, karena dari Pananjakan kamu bisa melihat matahari yang terbit dari balik Bromo dan pastinya bisa menjadi berkesan jika kamu bisa menyaksikannya secara langsung apalagi mengabadikannya.

2. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah salah satu keunikan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini berupa dataran yang sangat luas dan diselubungi pasir hitam. Disebut Pasir Berbisik karena tekstur pasir yang kasar menimbulkan suara seperti berbisik. Coba saja ambil sejumput pasir lalu taburkan perlahan ke tanah, akan terdengar suara bisikan lembut. Patut dicoba, bukan?

3. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies tidak hanya ada di Dieng saja, di Bromo pun ada. Bukit Teletubbies sendiri merupakan sabana yang sangat luas dengan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Bukitnya yang bergelombang tampak seperti bukit di serial kartun Teletubbies. Pemandangan di sini sangat indah dan membuat orang yang melihatnya menjadi rileks. Tidak heran Bukit Teletubbies menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto, yang biasa berfoto di kaki bukit ini.

4. Mobil Jeep Sewaan

 Berfoto di Jeep menjadi salah satu spot foto terbaik di bromo. Sumber: http://gilangariperdana.blogspot.com 

Bukan ke Bromo jika kamu tidak menyewa mobil jeep. Selain menambah pengalaman, untuk naik ke atas Pananjakan khususnya harus dengan mobil jip ini, mobil biasa akan sulit bahkan tidak bisa naik. Pengunjung pun bisa mengabadikan pemandangan sepanjang perjalanan naik dan turun gunung, atau berfoto dengan mobil jip yang ikonik ini agar terlihat seperti petualang alias pendaki gunung sejati.

5.  Kawah Bromo

Agar bisa mencapai kawah Bromo, wisatawan harus mendaki lebih dari 200 anak tangga. Jika sekiranya kamu tidak kuat untuk naik, sebaiknya jangan dipaksakan. Meskipun begitu, kawah yang berada di ketinggian 2.329 meter ini jadi salah satu pemikat tersendiri di Bromo. Tidak sedikit wisatawan yang masih mau menyempatkan diri buat naik dan berfoto dekat dengan kawah ini. Katanya, bukan ke Bromo kalau tidak berfoto dengan kawahnya. Capai yang dialami dijamin terbayar dengan pemandangan luar biasa dari Kawah Bromo. 

6. Gunung Batok

Selain Bromo, dalam gugusan gunung ini sebenarnya terdapat gunung lain yang bernama Gunung Batok. Meski tidak setenar Bromo atau Semeru, Gunung Batok paling sering muncul dalam gambar Bromo. Bahkan, sebagian orang sering salah mengira kalau gunung inilah yang merupakan Gunung Bromo. Tidak mengherankan karena Bromo dan Batok memang bersebelahan. Untuk mencapai puncaknya, kamu bisa menyewa kuda walaupun harus merogoh kocek lebih dalam, sekitar 300 ribu rupiah.

7.  Pura Luhur Poten Tengger

Bisa dibilang, lokasi paling eksotis dan estetik Bromo. Pura ini merupakan salah satu tempat beribadah masyarakat suku Tengger. Pura Tengger dibangun pada 2000 dengan arsitektur campuran adat Bali dan Jawa. Selain sebagai tempat beribadah, pemandangan pura ini sangat direkomendasikan untuk diabadikan. Apalagi, lokasinya berada di tengah-tengah kaldera yang luas dengan gunung sebagai latarnya. Sungguh pemandangan yang sangat memanjakan mata, bukan?

Panorama Gunung Bromo memang sangat memanjakan mata. Selain turis domestik, tidak sedikit wisatawan mancanegara yang datang untuk mengabadikan pemandangan Kawasan Gunung Bromo ini. Masyarakat sekitar pun menggunakan kesempatan ini untuk berbisnis dan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai mata pencaharian tetap. Harus diingat, demi menjaga keindahan dan kenyamanan Wisata Pegunungan Bromo, sebagai pengunjung kita harus selalu menjaga kebersihan dan sikap di Bromo. 



Diandra Permata Himawan 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 



Sumber gambar : tiket.com 
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Spot Foto Terbaik di Bromo Rating: 5 Reviewed By: mindis.id