mindis.id
Latest News
Thursday, November 29, 2018

Catatan Pemerintahan Jokowi - JK

Baca Juga


Tak terasa sudah hampir genap 5 tahun pemerintahan Joko Widodo. Dan kini, ia pun kembali mencalonkan diri lagi. Namun, tidak dengan Jusuf Kalla, tetapi dengan pasangan barunya KH. Ma'ruf Amin. Sebagai seorang petahana, tentu penting untuk melihat kerja nyata apa yang telah dilakukan oleh Joko Widodo selama memerintah. Dan apakah sudah maksimal sampai sejauh ini? Untuk itu, tulisan ini ingin melihat secara singkat terkait pemerintahan Joko Widodo selama 5 tahun ini. 

Kebijakan luar negeri Presiden Joko Widodo dengan menteri Luar Negeri Retno Marsudi dianggap sudah cukup baik. Pemerintah sangat pro aktif terhadap permasalahan TKI di luar negeri. Banyak pemberitaan yang menyangkut dengan pemulangan para TKI ke Indonesia dengan selamat yang tentu saja butuh waktu dan proses yang tidak sebentar dan mudah. Meski pernah tercatat TKI yang tidak berhasil dipulangkan dan dieksekusi mati di Arab Saudi yang menjadi sorotan publik, pemerintah mengatakan telah berupaya maksimal dalam menyelesaikan kasus tersebut. Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang aktif dalam kasus Rohingya di Myanmar. 

Pembangunan di desa-desa juga menjadi perhatian Jokowi di masa pemerintahannya. Anggaran dana mencapai Rp 60 triliun untuk 74 ribu lebih desa di Indonesia. Pembangunan infrastruktur di desa juga ditingkatkan dan dana desa juga telah mengurangi ketimpangan di desa. Meski begitu, pemerataan harus selalu digalakkan demi terciptanya desa makmur di seluruh Indonesia, bukan hanya di daerah atau pulau tertentu saja. Terlebih pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada desa-desa di bagian timur Indonesia seperti Maluku dan Papua.

Kartu Indonesia Pintar atau KIP yang dijanjikan oleh Jokowi pada masa kampanye terealisasikan. Menurut data Kemendikbud, sudah 11.856.201 dari alokasi 17.927.308 KIP yang dibagikan. Sebelumnya, banyak pemberitaan mengenai keluh kesah pembagian kartu ini yang kerap kali salah sasaran.banyak yang mengaku telah terdaftar dalam Program Indonesia Pintar (PIP) namun belum memgang KIP secara langsung.

Masih Banyak Tugas 

Walaupun sudah ada beberapa kebijakan yang dapat menjadi andalan Joko Widodo, namun masih banyak permasalahan atau kekurangannya selama memimpin. Salah satunya adalah permasalahan BPJS. dilansir dari beritasatu.com, BPJS menunggak sekitar 7,3 triliun Rupiah kepada rumah sakit. Ini berdampak sistemik bagi bisnis rumah sakit. Dan hal ini menjadi wajar ketika pelayanan rumah sakit yang menggunakan BPJS dinilai setengah hati. Untuk itu, jika nanti terpilih kembali, Joko Widodo harus segera mengevaluasi kebijakan tersebut. 

Permasalahan selanjutnya adalah harga dollar yang terus menguat dan melemahkan rupiah. Hal ini berdampak sistemik, mulai dari harga bahan pokok yang melonjak hingga harga BBM yang berada dititik paling tinggi selama pasca reformasi. Untuk itu, perbaikan ekonomi harus menjadi perhatian khusus jika kembali terpilih. 

Ini adalah gambaran kecil dari apa kelebihan dan kekurangan Joko Widodo selama memerintah. Catatan baik patutnya diapresiasi dan dilanjutkan setelah pilpres 2019, baik jika terpilih kembali ataupun jika Prabowo yang menang. Lain dari pada itu, catatan buruk menjadi hal yang patut untuk evaluasi dan diperbaiki nantinya. 



Suroyya Rufaidah 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 


Sumber gambar : https://suaramuslim.net/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Catatan Pemerintahan Jokowi - JK Rating: 5 Reviewed By: mindis.id