mindis.id
Latest News
Thursday, November 22, 2018

Keterpurukan Cleveland Cavaliers di 16 Game Pertama

Baca Juga


Semenjak ditinggal bintangnya Lebron James ke LA Lakers, Cleveland seperti mati suri. Bahkan, akibat hasil minor yang diraih Kevin Love dan kawan – kawan berujung pada pemecatan Tyron Lue sebagai pelatih utama Cleveland. Lalu apa saja penyebab Cavs sampai terpuruk? Dan bagaimana solusinya? Berikut ulasannya : 

1. Kehilangan Sosok Lebron James 

Faktor utama terpuruknya Cavs musim ini disebabkan oleh hilangnya sosok Lebron James. Tidak bisa dipungkiri bahwa James memiliki pengaruh besar bahkan bisa membawa Cavs ke final playoff 2018. Pemain yang keluar dan masuk Cavs pun sering kali harus sesuai dengan gaya bermain James yang pelan dan mengandalkan set play. 

Sebenarnya, beberapa pemain bintang diharapkan dapat agar Cavs tidak seburuk ini. Sebuh saja Cedi Osman, Jordan Clarkson, Larry Nance Jr, ataupun rookie mereka yaitu Collin Sexton. Namun, nama – nama ini belum mampu menutup lubang kehilangan sang bintang. 

2. Kisruh Internal dari Revolusi Pemain Muda 

Kisruh internal melanda Cavs akibat awal yang buruk. Bahkan sampai saat ini kisruh tersebut belum juga usai. Hasilnya, Cavs hanya berhasil menang 2 pertandingan dari 16 pertandingan yang mereka lakoni. Banyak faktor penyebab kekisruhan internal yang berdampak anjloknya performa, diantaranya adalah cederanya Kevin Love sebagai seorang pemain penting, kekisruhan Jr Smith akibat porsi bermain yang berkurang, dan revolusi pemain muda di tim Cavs. 

Cavaliers saat ini sedang mencoba membangun struktur tim yang baru dimana pemain muda diberikan porsi bermain yang cukup. Ada beberapa nama pemain muda yang dianggap dapat menjadi tumpuan Cavs dimasa depan, seperti Jordan Clarkson (26 tahun), Collin Sexton (19 tahun), Cedi Osman (23 tahun), Rodney Hood (26 tahun), dan Larry Nance Jr (25 tahun). Untuk dapat merevolusi tim ini maka butuh waktu untuk dapat kembali ke performa terbaik, dan tentu saja kekalahan saat ini sudah diperkirakan sebagai dampak dari perubahan tersebut. 

    Cedi Osman (nomor 16) yang diharapkan dapat menggantikan posisi Lebron James ternyata belum berbuah hasil yang maksimal. Sumber : https://www.nba.com/

3. Butuh Pemain Tambahan 

Saat ini, starting line up Cavs adalah Tristan Thompson (Center), David Nwaba (Forward), Cedi Osman (Forward), Rodney Hood (Guard), dan Sexton (Guard). Dari keempat pemain ini, hanya Osman dan Sexton yang bermain baik sebagai starting line up. Ketiga pemain lainnya dianggap belum cukup untuk menjadi starting line up dan hanya cocok sebagai role player. Untuk itu perlu tambahan beberapa pemain yang dapat mengisi posisi tersebut. 

Ada beberapa pemain yang dapat direkomendasikan, seperti untuk posisi power forward bisa mengambil Carmelo Anthony dari Houston Rockets dimana Anthony dikabarkan sudah meminta timnya untuk trade. Anthony yang kuat dalam mid range dan cocok dengan gaya bermain Cavs saat ini. Selain itu, bisa pula mengambil Bradley Beal untuk posisi Shooting Guard dan Markief Morris untuk posisi Power Forward mengingat Washington Wizard membuka peluang seluruh pemainnya untuk trade. Untuk posisi Center, perlu pelapis Thompson yang mumpuni, bisa Dwight Howard dari Wizard ataupun Zubac dari LA Lakers. 

4. Memberi Waktu Yang Tepat Untuk  Role Player 

Peran dari role player sebenarnya cukup penting. Ketika pemain utama tidak mampu berbuat banyak dan mengalami kebuntuan, maka role player bertugas untuk memecahkan masalah tersebut. Role Player yang baik saat ini hanya ada 2 di Cavs, yaitu Clarkson sebagai sixth man dan Korver sebagai penembak 3 angka. 

Jika dilihat gaya permainannya, Clarkson lebih cocok menjadi line up dibandingan dengan Rodney Hood ataupun Sexton. Jordan Clarkson memiliki IQ Basketball yang baik sehingga passing yang diberikan pun sangat memanjakan rekan setimnya. Apa lagi Clarkson juga bisa menembak dari luar garis 3 angka. Untuk itu, Clarkson layak diberikan waktu bermain lebih banyak dan masuk ke dalam starting line up Cavs. 


Ahmad Hidayah 
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia 


Sumber gambar : https://www.nba.com/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Keterpurukan Cleveland Cavaliers di 16 Game Pertama Rating: 5 Reviewed By: mindis.id