mindis.id
Latest News
Saturday, November 10, 2018

Kapan Kita Mulai Peduli pada Lingkungan?

Baca Juga



Membuang sampah sembarang memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang tak peduli lingkungan. Masyarakat kurang sadar, betapa pentingnya menjaga lingkungan. Terkadang tempat sampah yang sudah disediakan hanya menjadi sebuah pajangan di jalan-jalan. Selain menyebabkan banjir, jika masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, jelas akan membahayakan lingkungan.

Masyarakat yang membuang sampah sembarangan tidak mengenal jenis usia, bisa orang tua, remaja, ataupun anak-anak. Bisa saja, anak-anak yang membuang sampah sembarangan akibat kurangnya perhatian dari orang tua. Jika orang tua masih suka membuang sampah sembarangan, sang anak, cepat atau lambat, akan meniru hal yang tidak baik untuk lingkungan ini.

Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, seolah dilakukan tanpa rasa malu dan bersalah kepada masyarakat lain yang sudah membuang sampah pada tempatnya. Mereka yang membuang sampah sembarangan tidak pernah merenungkan kesalahannya. Mereka juga tidak memikirkan masyarakat lain yang sudah peduli dengan lingkungannya.

Jika sudah terjadi banjir, mulailah masyarakat menyalahkan pemerintah. Padahal, pemerintah sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Akan tetapi, kesadaran masyarakat masih saja sangat kurang. 

Untuk mengatasi kebiasaan ini, pemerintah harus mengadakan sosialisasi ke setiap daerah. Masyarakat juga harus belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar tempat umum. Hal ini harus mulai dibiasakan sejak dini sebelum banjir dan penyakit "menyerang". Masyarakat tidak boleh menyalahkan pemerintah begitu saja jika melihat tumpukan sampah. Karena bisa jadi, hal itu merupakan ulah mereka sendiri.

Masyarakat dan pemerintah semestinya bekerja sama untuk menjaga lingkungan. Pemerintah juga harus memastikan telah memberikan tempat sampah di setiap lingkungan. Tempat yang dimaksud ialah tempat sampah organik dan tempat sampah non-organik. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

Masyarakat bisa membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan dengan mengadakan daur ulang sampah. Hasil daur ulang ini kemudian diolah menjadi sebuah produk kreativitas. Dengan begitu, sampah yang ada di lingkungan bisa berkurang dan malah memiliki nilai guna.

Dengan mendaur ulang, masyarakat bisa mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah. Sebagai manusia, kita haruslah peduli dengan lingkungan tempat kita tinggal. Hal sederhana yang bisa kita lakukan sekarang yaitu mulailah membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. 


Dewi Ardianti
Program Studi Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: www.pikiran-rakyat.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kapan Kita Mulai Peduli pada Lingkungan? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id