mindis.id
Latest News
Friday, November 16, 2018

Crazy Rich Asian, Romantisme Ala Singapura

Baca Juga




Genre
Drama, komedi, romantis
Sutradara
Jon Chu
Berdasarkan : 
Novel Crazy Rich Asians
Produksi
Warner Bros Pictures
Durasi
121 menit 
Pemain
Constance Wu sebagai Rachel Chu
 Henry Golding sebagai Nick Young
Michelle Yeoh sebagai Eleanor Sun-Young
 Gemma Chan sebagai Astrid Leong-Teo 
Awkwafina sebagai Goh Peik Lin

Sinopsis

Crazy Rich Asians bercerita tentang seorang gadis keturunan Cina-Amerika yang berprofesi sebagai profesor ekonomi di Universitas New York bernama Rachel Chu yang menjalin cinta dengan sang kekasih yang merupakan anak dari keluarga terkaya di Asia, Nick Young.

Rachel Chu datang ke Singapura bersama dengan Nick untuk menghadiri pernikahan sahabat Nick dan bertemu keluarganya tanpa tahu bahwa pujaan hatinya itu merupakan seorang pewaris dari keluarga yang amat kaya raya di Asia.

Peik Lin sahabat Rachel di Singapura akhirnya memberi tahu identitas Nick yang sesungguhnya. Ia pun merubah tampilan Rachel menjadi lebih mewah untuk datang ke pertemuan keluarga Nick. Saat itulah Rachel mengalami masa sulit dalam hubungannya karena perbedaan latar belakang antara Nick dengan dirinya.

Keluarga besar Nick memandang Rachel sebelah mata karena dirinya yang merupakan warga biasa, terlebih ia seorang Amerika yang memiliki nilai budaya berbeda dari Asia. Ibu Nick, Eleanor Young tidak menyukai Rachel karena menganggap gadis itu tidak cukup pantas untuk anaknya. Ia juga mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari teman perempuan dan mantan pacar Nick, Amanda.

Rachel hampir menyerah dan frustasi saat mengetahui ibu Nick menyewa detektif untuk memeriksa masa lalu dan latar belakang keluarganya. Namun, dengan ketangguhan dan ketegarannya, ia dapat membuat Eleanor Young pada akhirnya merestui hubungan dua sejoli itu. 

Film Ringan Namun Spesial

Mengangkat genre drama, komedi, dan romantis, Sutradara Jon Chu dapat mengemas dengan sangat baik film ini. Konflik utama yang sebenarnya ringan dan dibuat padat, namun tetap menyentuh tanpa terlihat seperti film roman picisan ala drama. Film yang diadaptasi dari novel dengan berjudul sama ini juga dibuat tidak bertele-tele, sehingga tidak membuat penonton bosan.

Penggambaran ‘crazy rich’ pada film ini juga luar biasa total dan jelas, sehingga membuat penonton akan merasa terpukau dengan kehidupan sehari-hari orang kaya. Suasana tradisional juga terasa sangat kental pada film yang berdurasi 2 jam 1 menit ini, cukup untuk mengetahui budaya dan ciri khas dari Singapura dan Cina itu sendiri.

Unsur komedi yang tidak terlalu menonjol, namun tetap terasa pas dalam film ini. Terlebih dengan akting dari awkwafina yang menjadi tokoh Peik Lin yang terlihat simpel dan lucu bersama dengan keluarganya. Awkwafina memberi kesan berarti dalam film, walaupun bukan pemeran utama, namun film tak akan lengkap tanpanya. 

    Sumber : https://www.vox.com/

Tak kalah memukau akting yang dipamerkan oleh Henry Golding sebagai Nick Young yang merupakan aktor pendatang baru di perfilman layar lebar. Aksen british-nya membuat kesan elegan nan mewah, sangat pas memerankan orang kaya tujuh turunan. Chemistry nya dengan Constance Wu sebagai Rachel Chu membuat penonton membayangan pasangan ini sebagai panutan dalam berhubungan. 

Adegan dan gambar yang diambil pun sangat menggambarkan ala Eropa di benua Asia, namun tetap terkesan Asia. Secara tidak langsung, film ini sukses menggambarkan ada sebuah peradaban nan maju di timur dunia. Rumah mewah, mobil sport, dan kehidupan glamor yang tidak kalah dengan peradaban Eropa. Namun, film ini juga tetap terkesan Asia, dengan menampilkan pernikahan ala Asia.  

Namun, kekurangan dari film ini adalah konflik yang  terlalu sederhana sehingga membuat penonton dari awal sudah dapat memprediksi akan bagaimana ujung dari filmnya. Selain itu, banyaknya tokoh juga kurang diceritakan dengan baik, seperti keluarga dari Nick Young. Penonton jadi bertanya "dia siapanya Nick ya?" atau "Apa Peran pentingnya dalam film ini?".  Selain itu, penyelesaian yang tidak terlalu 'wah' dan diluar ekspektasi juga membuat film terasa hambar. 

Namun, film yang bertahan di puncak Box Office ini patut ditonton bersama keluarga, teman, ataupun kekasih karena sangat menghibur dan memiliki nilai moral yang dalam.


Nilai : 8 dari 10


Suroyya Rufaidah 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta  


Sumber gambar : http://www.avalontheatregj.com/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Crazy Rich Asian, Romantisme Ala Singapura Rating: 5 Reviewed By: mindis.id