mindis.id
Latest News
Tuesday, November 27, 2018

Cegah Cacar Air Sejak Dini

Baca Juga



Cacar air atau yang dikenal di dunia medis sebagai Varisela adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster. Cacar air tergolong penyakit mudah menular dan penularannya pun sangat cepat. Penularan bisa melalui partikel cairan yang dikeluarkan dari mulut, bersin, batuk, atau saat berbicara. Penularan juga bisa melalui ketika daya tubuh seseorang sedang menurun dan kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi.

Cacar air yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, ternyata itu hanyalah mitos. Cacar air juga bisa dialami oleh orang dewasa dan orang yang pernah mengalami cacar air bisa terkena lagi, walaupun jarang sekali yang mengalami kejadian ini. Larassita, salah satu mahasiswa pascasarjana jurusan epidemiologi, menuturkan, “Ada beberapa kasus bisa satu berbanding berapa juta ada yang dua kali ada juga yang tidak terkena cacar.”

Penyakit cacar air mendatangkan pengaruh negatif kepada masyarakat. Walau tidak tergolong sebagai penyakit parah, cacar air sangat menggangu kesehatan dan aktivitas orang yang terkena cacar. 

Penanganan Awal
Jika sudah mendapati gejala-gejala cacar, hal yang dapat dilakukan sebaiknya:
  1. Istirahat. Selain untuk memperbaiki daya tahan tubuh, juga untuk mencegah penularan penyakit.
  2. Menjaga kebersihan diri.
  3. Mandi akan membersihkan tubuh dari sel-sel kulit mati sehingga mencegah infeksi bakteri. Air mandi bisa ditambahkan dengan larutan antiseptic seperti larutan PK atau gentian violet
  4. Jangan memencet ruam berair ataupun melepas keropeng karena dapat menimbulkan bekas dan infeksi.
  5. Menjaga nutrisi yang cukup. 
  6. Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman.


Obat-obatan untuk meringankan gejala
  • Obat anti demam, bila demam tinggi.
  • Obat untuk mengurangi rasa gatal, bisa obat luar berupa bedak salisil atau sejenisnya, bisa juga obat yang dapat diminum.


Obat anti-virus
  • Salep Asiklovir, dioleskan pada ruam.
  • Asiklovir tablet, tidak rutin penggunaannya. Asiklovir tablet akan mengurangi jumlah ruam yang muncul dan memperpendek durasi sakit.
  • Antibiotika, diberikan apabila ada infreksi bakteri.


Pencegahan juga dapat dilakukan melalui vaksin. Vaksin diberikan kepada balita berumur 18 bulan dan pada 14 tahun. Vaksin juga bisa diberikan kepada seseorang yang mempunyai daya tahan yang buruk.

Pencegahan cacar air juga sebaikanya kita melakukan beberapa upaya pencegahan, seperti selalu menjaga kebersihan diri, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, mengatur pola makanan, perbanyak konsumsi air putih, dan hindari kontak fisik dengan penderita cacar.

Orang dewasa pun bisa tertular cacar air, jika kekebalan tubuhnya sedang tidak sehat. Serangan virus cacar air juga dapat menginfeksi anggota tubuh lainnya.

Mencegah cacar air juga dapat mengubah pola hidup kita untuk tetap menjaga  kesehatan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit lainnya selain cacar air. 

Merry Christine
Program Studi Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta


Sumber gambar: popmama.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cegah Cacar Air Sejak Dini Rating: 5 Reviewed By: mindis.id