mindis.id
Latest News
Thursday, August 23, 2018

Mile 22, Misi Penyelamatan Untuk Iko Uwais

Baca Juga



Genre : Action 
Sutradara : Peter Berg 
Durasi : 94 menit 
Producer : Peter Berg, Mark Wahlberg 
Rumah Produksi : STX Film 

Pemeran 

Mark Wahlberg sebagai James Silva 
Iko Uwais sebagai Li Noor 
Lauren Cohan sebagai Alice 
Ronda Rousey sebagai Sam Snow 

Sinopsis 

Mile 22 menceritakan kisah tim khusus bernama Overwatch yang beroperasi di atas hukum untuk menjaga keamanan Amerika. Mereka punya misi terbaru untuk mengangkut pencari suaka yang juga aset intelijen asing dengan informasi penting. 

    Iko Uwais yang berperan sebagai Li Noor menampilkan aksi bela dirinya dalam film mile 22. sumber : https://static2.srcdn.com

Masalah dimulai ketika sembilan pon isotop caesium yang dikenal sebagai "bubuk ketakutan" telah hilang. Li Noor satu-satunya informan yang memiliki kata sandi ke disk berisi lokasi bubuk tersebut. Ia bersama tim Overwatch harus menempuh jarak 22 mil untuk mengekstraksi sebelum musuh mendekat.

Sayangnya, perjalanan bermil-mil di negara Asia Tenggara itu dilalui dengan tidak mudah. Sebab, pasukan keamanan tak segan menembak di jalanan yang padat saat agen Overwatch menjalankan tugasnya.

Review 

Film Mile 22 menjadi film yang paling ditunggu – tunggu Agustus ini. Sebab, Iko Uwais salah satu aktor hollywood asal Indonesia muncul sebagai tokoh utamanya. Bahkan diberitakan diberbagai media lokal bahwa Iko Uwais akan mendapat porsi sebagai tokoh penting dan memiliki banyak dialog. 

Ketika menonton awal film, unsur film action ala Hollywood sudah mulai kerasa dimana terdapat aksi penyergapan oleh pasukan khusus Amerika Serikat yang dianggap sebagai musuh negara. Lalu, penonton dibawa ke beberapa tahun kemudian dimana Pasukan khusus yang dipimpin oleh James Silva (Mark Wahberg) menuju satu negara di Asia Tenggara. 

Saat Iko Uwais muncul dan membuat keributan di klinik, unsur The Raid mulai terasa. Dimana Iku Uwais berkelahi menggunakan tangan kosong melawan 2 orang yang berusaha untuk membunuhnya. Sang sutradara Peter Berg, ingin menonjolkan kemampuan silat yang dimiliki oleh Iko Uwais dalam film ini dan ia sukses melakukannya. 

Yang menjadi catatan penting adalah latar dari film ini. Dalam film ini, tidak dijelaskan kota pasti dimana. Yang jelas hanya bertuliskan Indocity, South East Asia. Menurut pendapat penulis bahwa sebenarnya film ini ingin menampilkan kota Jakarta, karena melihat seringnya Iko Uwais menggunakan bahwa Indonesia dan pemerintahnya pun menggunakan bahasa Indonesia. Namun, karena ada beberapa hal maka shoting dan penyebutan Jakarta pun tidak disebutkan serta menggunakan kota Bogota, Kolombia sebagai tempat shoting melihat ada unsur kemiripan dengan Jakarta. 

    Ronda Rousey, pegulat UFC ikut serta dalam film Mile 22 sebagai pasukan khusus. sumber : https://bloximages.chicago2.vip.townnews.com/

Mengenai plot cerita, film ini cukup menarik. Sebab, dari awal film opini terus dibangun bahwa Iko Uwais adalah salah satu orang yang penting, berpihak pada Amerika dan perlu untuk diselamatkan. Walaupun sebenarnya, banyak misteri tentang Iko Uwais. Namun diakhir film, penonton dikejutkan bahwa Li Noor atau Iko Uwais adalah antagonis atau sebagai double agent yang memang menargetkan tim khusus Amerika dengan alasan balas dendam dari Rusia. 

Yang paling menarik lagi adalah sosok James Silva dan Li Noor. Sutradara hanya menjelaskan tentang Silva pada awalnya, yaitu orang yang  memiliki kemampuan berpikir lebih cepat dari orang biasanya serta memiliki kecenderungan ke khawatiran sehingga perlu melakukan terapi tenang dengan cara menarik gelang karet di tangannya. Peter Berg memang tidak menjelaskan tentang Li Noor secara detail, tetapi ia sukses menjelaskan bahwa Li Noor dan Silva adalah sama. Li Noor juga bertugas sebagai agen rahasia dan ia memiliki kecenderungan yang sama, yaitu melakukan terapi tenang dengan cara berdzikir.

Namun banyak misteri dalam film ini yang tidak dijelaskan. Pertama adalah pada awal cerita, Li Noor dijelaskan sedang membakar foto keluarganya, sedangkan pada akhir cerita dijelaskan bahwa Li Noor tidak memiliki keluarga dan merupakan agen rahasia ganda. Kedua adalah alasan mengapa pemerintah lokal begitu menginginkan Li Noor, dan tidak dijelaskan mengapa mereka begitu menginingkannya. Ketiga adalah statement terakhir Li Noor kepada James Silva “Salam untuk ibumu”. Pertanyannya adalah ada hubungan apa Li Noor dengan ibu dari Silva?. Dari sini secara tidak langsung bahwa sutradara ingin memperlihatkan bahwa akan ada kelanjutan dari film ini untuk menjelaskan misteri -  misteri tersebut. 


Nilai : 8.0

Ahmad Hidayah 
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia    


Sumber gambar : https://worldnews.easybranches.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mile 22, Misi Penyelamatan Untuk Iko Uwais Rating: 5 Reviewed By: mindis.id