mindis.id
Latest News
Tuesday, August 21, 2018

Menang Atas Thailand, Tim Basket Putra Indonesia Berpeluang Lolos Penyisihan Grup

Baca Juga


MINDIS.ID – Setelah harus takluk dari tim basket putra Korea Selatan, Indonesia kini mulai percaya diri untuk dapat lolos ke fase selanjutnya setelah berhasil mengalahkan Thailand. Pasalnya, Indonesia kini berada diperingkat 2 dan Thailand berada diperingkat ke tiga dengan perolehan 1x kekalahan atas Indonesia dan 1x kemenangan atas Mongolia. Sabtu depan, jika Arki dan kawan – kawan berhasil mengalahkan Mongolia, maka dipastikan Indonesia akan melaju kebabak selanjutnya. 

Walaupun begitu, Indonesia tidak boleh lengah sama sekali. Sebab, jika Indonesia kalah dari Mongolia, maka Thailand, Indonesia, dan Mongolia memperoleh poin yang sama. Ini akan membuat Indonesia akan cukup kesulitan melihat saat ini point difference Indonesia masih dibawah Thailand. 

Dari pertandingan Thailand versus Indonesia, ada beberapa catatan penting yang menjadi perhatian penulis. Diantaranya adalah : 

Banyak pemain dapat memecah kebuntuan

Sering kali, pemain Indonesia bermain seperti kebingungan dan terkesan buntu. Akibatnya Turnover – turnover pun sering dilakukan. Ini juga terjadi pada pertandingan melawan Korea Selatan. Namun, pada saat itu, hanya 2 pemain yang berhasil membuat poin dan memecah kebuntuan yaitu Andakara Prastawa dan Jamar Johnshon. 

Berbeda dengan pertandingan melawan Indonesia, kebuntuan masih sering terjadi, namun kini banyak pemain yang berhasil memecah kebuntuan. Pada quarter pertama dimulai, Xaverius Prawiro dan kawan – kawan nampak bermain kebingungan. Barulah Jamar Johnson berhasil membuat Indonesia bangkit. Lalu di akhir – akhir quarter pertama, Pras bermain sangat apik hingga Indonesia bisa leading satu poin atas Thailand. 

Di babak kedua pun ini sempat terjadi, Abraham Damar Grahita Berhasil memecah kebuntuan dengan 3 point nya serta drivenya yang berujung pada foul untuk pemain Thailand. Di quarter keempat, setelah Indonesia selalu leading, Indonesia sempat disamakan kedudukan yaitu 75 – 75. Namun, Xaverius Prawiro berhasil memperlebar jarak. Selain itu, ada pula center Indonesia Adhi yang berhasil membuat pemain Thailand frustasi dibawah ring. 

Foul Trouble 

Permasalahan utama Indonesia adalah foul trouble. Bahkan, sering kali Indonesia melakukan pelanggaran – pelanggaran yang dirasa tidak perlu. Setidaknya, harus ada 3 pemain yang foulout pada pertandingan kali ini, yaitu Arki Dikania Wisnu, Adhi Pratama, dan Ponsanius  Nyoman Indrawan. Tidak hanya itu saja, banyak pemain yang juga memiliki banyak foul, seperti Andakara Prastawa dengan 4 foul, Valentino Wuwungan 3 foul, Xaverius Prawiro 3 foul, dan Jamar Andre Johnson 3 foul. 



Ahmad Hidayah
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia 

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Menang Atas Thailand, Tim Basket Putra Indonesia Berpeluang Lolos Penyisihan Grup Rating: 5 Reviewed By: mindis.id