mindis.id
Latest News
Wednesday, August 15, 2018

Catatan Dari Pertandingan Pembuka Indonesia Vs Korea Selatan Pada Bola Basket Putra Asian Games 2018

Baca Juga



MINDIS.ID – Indonesia harus menerima pil pahit dalam laga pembuka Asian Games 2018 dalam cabang olahraga basket putra melawan Korea Selatan dengan skor akhir 65 – 104. Dari 4 quarter yang dimainkan, memang terlihat jelas bagaimana perbedaan kualitas antara kedua tim ini. Korea Selatan bermain sangat superior sebagai peraih medali emas bola basket putra 4 tahun silam. 

Dari pertandingan pertama timnas basket putra Indonesia, ada beberapa catatan menarik yang mungkin bisa menjadi acuan untuk mengalahkan timnas Thailand pada Senin, 20 Agustus 2018 mendatang. 

Kalah Box Out dan Rebound  

Dalam olahraga basket, poin pentingnya adalah rebound, baik offensive maupun defensive. Jika berhasil memenangkan rebound, maka kemenangan sudah hampir bisa dipastikan. Pada malam itu, Indonesia sangat kalah dalam rebound. Parahnya, kalah dikeduanya, yaitu offensive dan defensive rebound. Korea Selatan berhasil membuat 41 rebound dan indonesia hanya 26. 

   Tembakan Jamar Johnson terhalang oleh Ricardo Ratliffe, sumber : bola.com 

Kunci kemenangan Korea Selatan adalah center naturalisasi andalan mereka, Ricardo Ratliffe. Para big man Indonesia berjuang keras untuk mendapatkan bola rebound. Bahkan, pemain ini bisa melakukan box out terhadap dua orang sekaligus. 

Starting Line Up yang Kurang Menggigit dan Telat Panas

Dari awal pertandingan, pemain Indonesia tampak seperti tegang dan nervous sehingga sering melaukan turn over. Padahal, ada 3 pemain yang diharapkan dapat berbuat banyak, yaitu Xaverius diposisi playmaker, lalu ada Arki dan Jamar Johnson pada posisi 3 dan 4. Pada ace asal Indonesia terlihat seperti tidak siap bermain. 

Permainan mulai nampak baik ketika Andakara Prastawa mulai masuk ke lapangan. Pras berhasil membuat banyak peluang dari assist – assistnya ang memukau serta tembakan 3 angkanya. Pras juga menjadi pemain paling produktif dengan 20 poin. Selain itu, kehadiran Valentino Wuwungan juga membuat pergerakan para pemain terlihat kolektif, walaupun belum mampu menghasilkan poin secara maksimal. 

   Andakara Prastawa menjadi andalan timnas basket Indonesia, sumber : bolabanget.id 


Kalah di luar 

Babak kedua, para pemain Indonesia mulai berusaha untuk menghentikan Ricardo Ratliffe di bawang ring. Namun, karena pemain ini di double team atau dijaga dua orang sehingga menimbulkan celah dibagian luar sehingga pemain – pemain Indonesia dengan mudah menambak 3 angka. Pemain Korea pun sangat apik dalam melepaskan diri dari pemain Indonesia dengan strategi pick and roll nya sehingga tembakan – tembakan pemain Korea tidak dapat terbendung oleh pemain Indonesia. 

Di kubu Indonesia, sebenarnya banyak pemain yang bisa menembak dari luar seperti Arki, Xaverius, dan Prastawa. Namun, entah mengapa bola seakan sulit sekali masuk ke dalam ring. Selain itu, andalan coach Vicktor Roring, Sandi yang notabene merupakan shooter baru dimainkan pada quarter ke empat. 


Ahmad Hidayah 
Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia 


Sumber foto : Okezone.com 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Catatan Dari Pertandingan Pembuka Indonesia Vs Korea Selatan Pada Bola Basket Putra Asian Games 2018 Rating: 5 Reviewed By: mindis.id