mindis.id
Latest News
Monday, August 20, 2018

Biar Kalah dari Kazakstan, Tim Basket Putri Indonesia Tetap Berjuang Sampai Akhir

Baca Juga

    Debby, Ace asal Indonesia berusaha melewati Pemain Kazakstan Kolesnikova dalam ajang Asian Games 2018. Sumber : bolabanget.com 

MINDIS.ID – Timnas basket putri Indonesia kembali kalah melawan tim basket putri Kazakstan dengan skor 73 – 85. Walaupun kalah, semangat juang tim basket putri ini patut untuk diacungi jempol. Sempat tertinggal jauh pada quarter ke empat, Debby dan kawan – kawan justru lebih tampil lepas dan berhasil memperkecil ketinggalan hingga minus 12 angka. 

Ada beberapa catatan menarik dalam pertandingan antara basket putri Indonesia melawan Kazakstan kemarin, diantaranya : 

1. Debby Masih Menjadi Motor

Sama seperti sebelumnya, Natasha Debby masih menjadi poin maker bagi tim basket putri Indonesia. Bahkan tidak tanggung – tanggung, pada pertandingan kali ini ia berhasil mencetak 30 poin. Namun, Debby kali ini tidak bermain sendirian seperti sebelumnya, ada beberapa pemain yang juga bermain cukup baik seperti Nathania Orville dengan 12 poin, Sutjiono Henny dengan 10 poin, serta Christine dengan 7 poin. 

Sebenarnya, dilihat dari postur tubuh para pemain Indonesia berbeda jauh dengan Uzbekistan. Tembakan pemain Indonesia pun tidak terlalu baik selain Debby. Namun, pada pertandingan kali ini para pemain siap beradu badan dan terus masuk ke dalam pertahanan Kazakstan sehingga banyak poin yang dihasilkan karena keberhasilan tersebut. Selain itu, Debby juga sukses memnbuat pemain Kazakstan untuk takut melakukan foul karena Debby yang sering menusuk ke dalam. Tercatat, Indonesia berhahasil membuat 21 poin dari free throw. Untuk itu, diharapkan pada pertandingan selanjutnya, para pemain siap untuk masuk dan menerobos pertahanan lawan. 

2. Kalah Big Man

Pemain outside Indonesia sudah cukup baik untuk terus menerobos pertahanan Kazakstan yang notabene memiliki postur yang sangat tinggi. Namun, ini tidak diimbangi dengan pemain Indonesia dibawah Ring yang melakukan cover, box out dan rebound. Indonesia hanya berhasil membuat 36 rebound sedangkan Kazakstan 57 kali rebound. 

    Adelaide Calista berjuang untuk masuk kedalam pertahanan Kazakstan. Sumber gambar : liputan6.com

3. Terlambat Panas

Mental memang berbicara banyak. Entah apa dibenak para pemain Indonesia pada quarter kedua dan ketiga sehingga terlihat sangat berat dalam bermain. Pada Quarter kedua Indonesia membuat 17 poin dan Kazakstan 25 poin. Lalu pada Quarter ketiga Indonesia membuat 13 poin dan Kazakstan 23 poin. Kedua quarter inilah yang membuat Indonesia seakan pupus harapan. 

Namun, justru disaat harapan itu memudar, semangat juang Indonesia kembali tumbuh. Nathania sukses terus menerobos masuk dan Debby dengan 3 poinnya berhasil memperkecil jarak hingga 12 angka. 29 poin pun dihasilkan di quarter terakhir. Ini menjadi catatan penting untuk pelatih agar tetap memberikan semangat juang dari awal hingga akhir. 




Ahmad Hidayah 
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia 
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Biar Kalah dari Kazakstan, Tim Basket Putri Indonesia Tetap Berjuang Sampai Akhir Rating: 5 Reviewed By: mindis.id