Latest News
Wednesday, November 29, 2017

Review Film : Zootopia

Baca Juga



Genre : Animasi, Adventure-Crime
Rilis          : 4 Maret 2016
Produser         : Clark Spencer
Sutradara         : Byron Howard, Rich Moore
Perusahaan Produksi : Walt Disney Pictures
Durasi : 108 menit

Pengisi Suara
• Ginnifer Goodwin sebagai Judy Hopps
• Jason Bateman sebagai Nick Wilde
• J. K. Simmons sebagai Walikota Leodore Lionheart
• Jenny Slate sebagai Dawn Bellwether
• Idris Elba sebagai Chief Bogo
• Nate Torrence sebagai Benjamin Clawhauser
• Shakira sebagai Gazelle

Sinopsis:

Zootopia adalah sebuah kota metropolitan yang megah penuh impian. Tak terkecuali bagi Judy Hoops (Ginnifer Goodwin), seekor kelinci dari Desa Bunnyburrow yang mengharap bisa mewujudkan mimpinya. Ia pergi ke Zootopia untuk menjadi polisi – seorang polisi kelinci pertama di sana.

Perjuangannya di kota besar tersebut tidak mudah. Pada satu saat, Judy berusaha menunjukkan kemampuannya dengan mengungkap kasus kejahatan yang meresahkan warga Zootopia. Demi kasus itu, ia harus berhubungan kembali dengan Nick Wilde (Jason Bateman), rubah licik yang ditemuinya tempo hari.
Penyelidikannya dengan Nick membuat hubungan mereka berubah. Meski awalnya tidak akur, mereka bisa menjadi mitra kerja yang tak terpisahkan. Namun, otak di balik kejahatan yang meresahkan itu masih harus mereka temukan.

Review:

Seperti biasa, Disney selalu sukses menyuguhkan film dengan tema unik. Setelah “menghidupkan” para mainan dalam Toy Story dan para ikan dalam Finding Nemo, Disney mengangkat satu lagi film animasi yang “menghidupkan” para hewan.

Uniknya lagi, hewan-hewan tersebut dikumpulkan dalam kota besar dengan peradaban yang cukup maju, sekelas New York, Tokyo, maupun Jakarta. Dari situ lah kisah Judy Hoops yang merantau ke kota besar bermula.

Saya rasa banyak ulasan positif yang bisa digali dari film ini. Pertama, aspek paling kentara adalah pesan moralnya yang sederhana. Bahwa setiap orang berhak atas mimpinya dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Satu poin lagi, tidak memandang rendah mereka yang memiliki impian karena setiap orang punya kesempatan yang sama. Meski banyak film lain yang menggambarkan kisah “menggapai impian”, Zootopia jelas memiliki kemasan yang berbeda.

Masuk ke segi cerita, ini adalah film pertama garapan Disney dengan tema Cop Buddy. Cop Buddy adalah sub-genre dalam Action-Comedy yang mana ceritanya berfokus pada dua penegak hukum dengan karakter saling kontradiktif. Kisah yang tidak biasa, bukan?

Judy digambarkan sebagai kelinci cerdik penuh ambisi, meski kadang tidak punya kekuatan sebesar teman-temannya yang lain di kepolisian. Sementara Nick adalah rubah dengan akal licik. Ia jelas punya kuasa lebih besar dibanding Judy. Nick pula yang menghubungkan Judy dengan orang-orang penting yang diduga terlibat dalam kasus yang diselidikinya.

Pada cerita Disney, jarang sekali bumbu twist digunakan untuk mengisi endingnya. Biasanya, film ala Disney akan memiliki alur mengalir tanpa banyak memikirkan apa yang sebenarnya terjadi dan siapa yang terlibat di dalamnya. Namun, berbeda dengan yang ditemukan di Zootopia, Judy Hoops akan membantu penonton mengungkap otak di balik kasus besarnya serta meluruskan pemahaman warga Zootopia yang telanjur termakan isu.

    http://www.thenatterbox.com/

Kedengarannya, plot cerita ini lebih berat ketimbang cerita-cerita suguhan Disney lainnya. Namun, tokoh berupa hewan-hewan dengan karakter khas membuat cerita ini menyenangkan untuk diikuti. Karakter tokohnya dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan karakter di habitat aslinya. Misalnya rubah licik, kelinci cerdik, sloth yang lambat, domba tak berdaya, dan sebagainya. Bahkan, di beberapa adegan disebut jelas kubu kaum predator dan kaum mangsa yang konon tidak akan pernah akur.

Satu lagi yang segar dari film ini adalah soundtrack-nya. Lagu berjudul “Try Everything” itu dinyanyikan oleh Shakira, yang juga mengisi suara untuk karakter benama Gazelle. Gazelle digambarkan sebagai penyanyi kawakan yang terkenal di kota tersebut. Boleh saya katakan, Zootopia memiliki original soundtrack yang membekas di telinga, seperti “A Whole New World” pada film animasi Aladdin maupun soundtrack Beauty and the Beast yang berjudul sama.



Nilai: 8.5 dari 10

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Film : Zootopia Rating: 5 Reviewed By: mindis.id