mindis.id
Latest News
Friday, November 3, 2017

Review Film: Pengabdi Setan (2017)

Baca Juga



Dirilis : 28 September 2017
Sutradara         : Joko Anwar
Genre   : Horor

Pemain :
Tara Basro sebagai Rini Suwono
Bront Plarae sebagai Suwono
Dimas Aditya sebagai sebagai Hendra
Ayu Laksmi sebagai Mawarni Suwono
Endy Arfian sebagai Tony
Egy Fedly sebagai Budiman Syalendra
Fachry Albar sebagai Batara
Asmara Abigail sebagai Darmina
Nasar Annuz sebagai Bondi
Elly D Luthan sebagai Nenenek Rini
M. Adhiyat sebagai Adik Bungsu Rini

Sinopsis 

Pengabdi Setan adalah salah satu film horor di Indonesia yang kembali dibuat remake-nya. Film ini asli dibuat pada tahun 1980, yang dibintangi oleh Ruth Pelupessi, WD Mochtar, Fachrul Rozy, Simon Cader, dan HIM Damsyik.

Film Pengabdi Setan (2017) ini menceritakan tentang sebuah keluarga besar Rini yang tinggal dipinggiran kota Jakarta di sebuah rumah tua milik nenenknya. Dimana pada saat itu, sang Ibu yang mengalami sakit aneh selama 3 tahun. Ibu tak mampu lagi menggerakkan tubuhnya dan hanya terbaring lemah di tempat tidur. Untuk memanggil anak-anaknya, ia harus membunyikan lonceng.

Hingga pada akhirnya sang Ibu meninggal dunia. Tidak lama setelah kematian Ibu, sang Bapak pun mendapat tugas bekerja di luar kota. Dia pergi meninggalkan anak-anaknya di rumah.

     viva.co.id 

Keanehan mulai terjadi. Sesosok hantu perempuan yang menyerupai Ibu berusaha menghantui Rini dan adik-adiknya. Semakin hari, keadaan semakin menyeramkan. Hingga pada akhirnya mereka menyadari bahwa kedatangan Ibu bukan untuk menjenguk mereka, tapi untuk membawa mereka pergi ke dunia lain.

Pada kemudian harinya, Rini menemukan fakta bahwa di masa lalu keluarganya terlibat dalam suatu perjanjian hitam yang mengancam keselamatan keluarga mereka. Rini dan adik-adiknya harus membuka misteri masa lalu itu untuk bertahan hidup.  

Review 

Sebenarnya saya tidak terlalu tertarik menonton film horor karena saya termasuk orang penakut. Tapi dilihat dari sinopsisnya, film ini mengundang rasa penasaran dan daya tarik tersendiri untuk segera menontonnya.
Film Pengabdi Setan (2017) ini adalah bagian pembuatan ulang film Pengabdi Setan  pada tahun 80-an. Jika dibandingkan film Pengabdi Setan (2017) dengan Pengandi Setan tahun 1980, dari segi cerita tidak jauh berbeda.  Hanya saja pada film pengabdi setan 80-an ini setelah Ibu meninggal, mereka kedatangan seorang pengasuh yang misterius. 

Kehadirannya membuat aura rumah itu semakin mistis. Dia bekerja dengan baik, namun gangguan arwah Ibu semakin sering datang. Di dalam kamarnya, ia menyimpan berbagai sesajen penyembahan terhadap setan. 
Dibagian awal scene, diperdengarkan senandung lagu dengan nada-nada miring, yang justru membuat saya semakin merinding. Padahal belum ada adegan horor sama sekali. Lagu yang disenandungkan almarhum Ibu melalui piring hitam menjadi kekuatan tersendiri untuk mendirikan bulu roma penonton.

Tokoh pemeran utama dalam film Pengabdi Setan (2017) ini adalah Tara Basro (Rini Suwono). Tara beracting dengan bagus tanpa terlihat canggung saat memainkan peran. Tara sudah kerap membintangi berbagai judul film berbagai genre. Namun, genre horor tergolong baru bagi Tara. Membutuhkan perjuangan yang ekstra baginya untuk bisa bergabung dalam peran film horor. Terlebih film ini sulit untuk dieksekusidari pada bemain dalam film genre yang lain.  

Saya mengagumi kelihaian sutradara dalam membuat konsep dan mengarahkan filmnya. Adegan per adegan yang dibuat Joko seperti dalam kehidupan sehari-hari. Kemunculan hantu nyaris mengagetkan, meski wajahnya tidak terlalu menyeramkan. Tapi mampu membuat saya terbayang-bayang dengan sosok hantu yang ada dalam film tersebut.


Nilai : 8 dari 10 


Yossy Yulanda Sari 
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta 

Sumber Gambar : Kaskus.co.id 
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Film: Pengabdi Setan (2017) Rating: 5 Reviewed By: mindis.id