mindis.id
Latest News
Sunday, November 26, 2017

Review Film : Danur

Baca Juga




Genre : Horror
Dirilis : 30 Maret 2017
Sutradara         : Awi Suryadi
Produser         : Dian Sasmita Faisal
Penulis Naskah : Lele Laila, Ferry Lesmana 
Distributor Film : MD Pictures
Bahasa Film : Indonesia

Pemain
• Prilly Latuconsina
• Kinaryosih 
• Kevin Bzezovski
• Emiliano Fernando Cortizo
• Inggrid Widjanarko
• Shareefa Daanish
• Asha Kenyeri
• Sandrinna Michelle

Sinopsis

Film ini menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Risa Saraswati (diperankan oleh Prilly Latuconsina) yang memiliki kemampuan indigo. Diceritakan, Risa yang selalu kesepian di rumah yang megah itu karena orang tua yang sibuk bekerja. Ayahnya bekerja di luar negeri dan Ibunya bekerja sebagai pelayan masyarakat.

Saat ia berulang tahun yang ke-8, Risa berharap untuk diberi teman agar tidak kesepian lagi. Hingga pada akhirnya, doa Risa itu terkabul. Kini ia menjalin persahabatan dengan 5 orang anak Belanda dari dunia yang berbeda.risa menghabiskan banyak waktu liburan sekolah di rumah nenek bersama teman-temannya itu.
Semenjak malam itu, Risa bertemu dengan 3 anak Belanda yang bernama Peter, William, dan Janshen. Mereka berlima merupakan dari dunia yang berbeda dengan Risa. Namun meskipun begitu, Risa tetap menganggap persahabatan mereka itu nyata. 

Hingga suatu ketika, Ibunya melihat ada kejanggalan dari Risa, yang selalu kelihatan berbicara dan bermain sendiri. Ibunya memutuskan untuk membawa Risa ke Paranormal dan Risa dibukakan mata bathinnya. Dari situlah, Risa tahu bentuk sejati dari 5 sahabatnya itu. Setelah 9 tahun kemudian, Risa beranjak remaja. Ia kembali ke rumah besar neneknya dan malam itu, Ia tidak lagi melihat 5 sahabat sejatinya. Ia disana untuk merawat nenek sampai pengasuh tiba. Namun, setelah pengasuh tiba, hal-hal aneh mulai terjadi.

Review 

Film diawali dengan Risa Saraswati (Prilly Latuconsina) yang sedang menyanyikan lagu berbahasa Sunda. Sebuah lagu yang biasa dinyanyikan untuk memanggil arwah (hantu). Namun, yang  datang bukan hanya satu hantu, melainkan 3 hantu anak kecil.,bernama Peter, William dan Jansen.

Cerita flashback ke kehidupan Risa sewaktu ia masih kecil. Risa merasa sangat kesepian. Di hari ulang tahunnya yang ke-8, Risa memohon agar diberikan teman. Pada malam itu juga, keinginan Risa terkabul. Ia mendapatkan 3 orang teman dari dunia yang berbeda. 

Dalam alur cerita, film ini terkesan danmonoton. Alur ceritanya membosankan sehingga penonton tidak dibuat menunggu adegan yang selanjutnya. Yang baik dalam film ini hanyalah suara - suara menakutkan dari nyanyian Sunda Risa Saraswati. 

Risa yang saat itu berusia 9 tahun, diceritakan ia kembali ke rumah Neneknya. Rumah yang mempertemukannya dengan sahabat-sahabat beda alam. Niat yang mengurus Neneknya yang sakit bersama seorang adik pun terganggu oleh kejadian-kejadian aneh, bersamaan dengan kemunculan si pembantu misterius bernama Asih. Rasa takut selalu menghantui mereka dan tangisan sering terlihat diwajah mereka. 

Acting Prilly menangis ribuan kali di depan kamera jadi sebuah jalan pintas untuk mengais belas simpatik penonton. Karakter Risa justru merasa terganggu dengan treatment yang terlalu dibuat-buat. Padahal horor juga butuh chemistry antara penonton dengan karakter-karakternya, khususnya tokoh utama, agar kita juga bisa merasakan takut hingga terancam. 

Danur terlalu sibuk mengagetkan penontonnya dan melupakan bahwa karakter lain dalam film pun juga butuh diceritakan. Ikatan kakak-beradik antara Risa dan Riri ditampilkan seadanya. Danur menyia-nyiakan semua karakternya, mereka seakan muncul hanya untuk berteriak dan memajang wajah yang ketakutan, berlarian, dan menangis.

Nilai   : 6,5 dari 10

Yossy Yulanda Sari
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta 

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Film : Danur Rating: 5 Reviewed By: mindis.id