mindis.id
Latest News
Monday, November 13, 2017

Pantai Indrayanti: Pantai Menarik dan Eksotis di Dusun Ngasem

Baca Juga

Pantai Indrayanti


MINDIS.ID - Sebagai kota pelajar, Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik untuk wisatawan. Selain wisata kuliner dan pusat perbelanjaannya, Yogyakarta juga memiliki pantai terkenal seperti Pantai Parangritis dan Indrayanti.

Pantai Indrayanti yang disebut juga Pantai Pulang Sawal (Pantai Pulsa) adalah salah satu pantai yang menarik dan eksotis di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Lokasi Pantai Indrayanti tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Tak seperti Pantai Parangtritis yang kuat dengan aroma mistis dan legenda Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul, Pantai Indrayanti tak memiliki banyak sejarah dan mitos untuk diceritakan. Meskipun pantai ini masih merupakan bagian dari pantai selatan yang dipercaya merupakan bagian wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul, namun tak ada upacara besar, seperti labuhan, yang diadakan di pantai ini.

Awalnya, pengelolaan Pantai Indrayanti menuai banyak kontroversi. Salah satunya adalah tidak ada izin pembukaan dan pengelolaan objek wisata Pantai Indrayanti oleh pihak swasta dan menyalahi aturan karena menamai objek wisata pantai di Gunungkidul tersebut dengan nama “Indrayanti” yang dianggap sebagai nama pribadi. Karena masalah itu, Pantai Indrayanti sempat hampir ditutup oleh Pemda setempat.

Hal yang cukup menarik di Pantai Indrayanti adalah kondisinya yang cukup bersih dari sampah. Hal ini sangat berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul lain yang kadang ditemukan sampah berserakan dan tidak dibersihkan. Ternyata, di pantai ini terdapat aturan larangan membuang sampah sembarangan. Bagi orang yang membuang sampah sembarang di pantai ini, akan dikenakan denda sebesar Rp10.000.

Pantai Indrayanti mempunyai pesona tersendiri. Pesona yang diunggulkan dari Pantai Indrayanti adalah pantai yang begitu bersih dengan pasir putih dan air yang jernih. Selain itu, fasilitas yang terdapat di Pantai Indrayanti juga cukup lengkap seperti toilet, kawasan parkir, kafe, musala, gazebo, wahana permainan anak, penginapan, serta jet ski. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di pantai ini bersama teman atau keluarga. Pantai Indrayanti dapat menjadi pilihan tepat sebagai tempat berlibur bagi Anda yang suka bermain di pantai.

(dikutip dari berbagai sumber)

Nurimah Kurniasih
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Sumber Gambar: lookjogja.blogspot.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pantai Indrayanti: Pantai Menarik dan Eksotis di Dusun Ngasem Rating: 5 Reviewed By: mindis.id