Latest News
Monday, November 13, 2017

Paket Terusan Candi Ratu Boko

Baca Juga

ratu boko

MINDIS.ID - Situs Ratu Boko atau Candi Ratu Boko berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan. Candi Ratu Boko terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas areanya sekitar 250.000 m2. Terletak di dataran tinggi, pemandangan yang bisa dinikmati sangat menakjubkan. Candi Ratu Boko pun sangat terkenal sebagai tempat terbaik menikmati sunset.

Masih banyak orang yang mengira Candi Ratu Boko hanya berupa bangunan candi seperti layaknya candi-candi lain. Faktanya, kawasan ini merupakan bekas kompleks istana yang sangat luas, lengkap dengan gerbang  masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung. Bahkan, hanya terdapat sedikit candi di kawasan ini.

Di bagian tengah kawasan ini terdapat gapura utama sebagai gerbang masuk, lapangan, kolam, dan candi pembakaran. Di bagian tenggara terdapat pendopo, balai, kolam, beberapa candi, dan Kompleks Keputren. Di bagian barat hanya ada perbukitan. Dari kawasan ini, bisa terlihat jelas kemegahan Candi Prambanan.

Candi Ratu Boko dibuka pada pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi candi ini adalah sore hari karena bisa melihat keindahan sunset. Untuk mengunjungi Candi Ratu Boko ini, cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp40.000 untuk usia 10 tahun ke atas dan Rp 20.000 untuk usia 3–10 tahun. Jika berkunjung bersama rombongan sekolah atau universitas cukup membayar Rp20.000 per orang, dengan syarat pengunjung lebih dari 20 orang dan membawa surat pengantar dari sekolah atau universitas.

Semula, Candi Ratu Boko belum dikenal sebagai tempat pendidikan dan kegiatan budaya. Seiring berjalannya waktu, pemerintah pusat memasukkan Kompleks Candi Ratu Boko ke dalam otoritas khusus, bersama dengan pengelolaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Akhirnya dilakukan penataan ulang pada beberapa tempat untuk dijadikan sebagai tempat pendidikan dan kegiatan budaya.

Untuk memperkenalkan Candi Ratu Boko yang semula kurang dikenal oleh wisatawan, diadakannya paket terusan. Paket terusan di sini artinya dapat mengunjungi dua candi sekaligus dalam sekali paket perjalanan. Diadakan paket ini juga karena ketiga candi dikelola oleh pengelola yang sama, yakni PT Taman Wisata Candi (www.borobudurpark.co.id). Setiap berkunjung ke Candi Borobudur atau Candi Prambanan akan ditawarkan paket terusan ke Candi Ratu Boko, begitu pun sebaliknya.

Tidak seperti Candi Prambanan atau Borobudur yang memiliki pengunjung sekitar 7.000 orang dalam sehari di akhir pekan, Candi Ratu Boko hanya memiliki pengunjung sekitar 2.000 orang. Dengan diadakan paket ini, mungkin akan membuat wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan atau Borobudur penasaran akan Candi Ratu Boko.

Terdapat dua paket terusan yang ditawarkan di saat mengunjungi Candi Ratu Boko, yakni Paket Ratu Boko-Prambanan dan Paket Ratu Boko-Borobudur. Dua paket ini ditawarkan dengan harga yang sama, Rp75.000 untuk usia 10 tahun ke atas dan Rp35.000 untuk usia 3–10 tahun.  Jika datang ke kawasan candi pada sore hari, pengunjung tidak dapat mengambil paket ini karena bis beroperasi hingga pukul 4 sore saja. Jadi, jika berkunjung ke kawasan Candi Ratu Boko, pengunjung bisa memilih untuk mengambil paket terusan atau hanya mengunjungi satu kawasan candi saja.

(dikutip dari berbagai sumber)

Syifa Hoirunnisa
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Sumber Gambar: sewamobiljogja.info
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Paket Terusan Candi Ratu Boko Rating: 5 Reviewed By: mindis.id