Latest News
Sunday, November 26, 2017

Mengenal AKAOI, Komunitas Jepang di Kalangan Mahasiswa PNJ

Baca Juga


akaoi


MINDIS.ID -  Dari hari ke hari, semakin banyak jenis komunitas yang berkembang pesat di Indonesia. Suatu komunitas lebih sering tercipta karena adanya kesamaan visi dan misi dari beberapa orang yang memiliki hobi yang sama. Contohnya, untuk mereka yang suka olahraga tertentu, mereka menciptakan tim olahraga sendiri sebagai komunitas mereka. Untuk mereka yang menyukai dunia hewan, mereka menciptakan sendiri komunitas mereka sebagai wadah untuk saling bertukar informasi

Punya komunitas itu tidak merugikan sama sekali. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan seperti menyalurkan bakat yang dimiliki, bertemu orang baru, dan berdiskusi dengan banyak orang tentang hal yang kita sukai. Memiliki sebuah kegemaran atau hobi memang terasa lebih menarik dan seru jika bisa dilakukan dengan banyak orang. Hal inilah yang menjadi alasan sekelompok mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta membentuk AKAOI, sebuah komunitas penggiat pop-culture Jepang, khususnya anime.

AKAOI berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Jepang yaitu aka yang berarti merah dan aoi yang berarti biru. Berdasarkan namanya, AKAOI ingin menunjukkan semangat anak muda dari warna merah dan kepribadian yang tenang dari warna biru.

Komunitas ini dibentuk pada 2013 sebagai wadah para penggandrung jejepangan atau yang disebut dengan otaku, bernaung dan berkarya di tengah himpitan gelombang kebudayaan pop baru yang kini masih menjamur. Awalnya diberi nama Jepang Club PNJ (JC PNJ), tetapi MPM PNJ meminta agar mereka tidak menyertakan PNJ di nama mereka karena JC PNJ bukan kegiatan mahasiswa yang resmi. Barulah namanya berganti menjadi AKAOI di akhir 2013 dan mulai membuat logo, maskot, dan memperbanyak anggota.

Kini AKAOI memiliki jumlah anggota sebanyak 128 orang, yang memiliki berbagai minat terhadap dunia jejepangan seperti pecinta anime (film/serial animasi Jepang), manga (serial komik Jepang), costume playing atau cosplay, pecinta musik pop dan rock Jepang, literatur Jepang, dan sebagainya. Anggotanya tidak hanya mahasiswa PNJ, tapi juga mahasiswa kampus lain dari sekitaran Depok.


Sumber: istimewa
 
AKAOI memiliki agenda kuis rutin setiap Jumat dan Sabtu. Pertanyaan dari kuis ini seputar Jepang dan kebudayaannya mulai dari film, tokoh sejarah, tradisi, anime, manga, dan lain-lain dan yang memenangkan kuis akan mendapatkan hadiah.

Selain kuis, AKAOI juga rutin mengadakan gathering satu minggu sekali untuk membahas agenda bersama. AKAOI juga rutin mengikuti kegiatan jejepangan seperti lomba cosplay, cover dance, dan cover sing yang diadakan kampus-kampus lain seperti Gelar Jepang UI, JIUMATSURI, Hello Fest, dan sebagainya. Terkadang juga mereka membuka stand di event dan berjualan merchandise hasil desain para anggotanya. Hasil uangnya akan digunakan sebagai modal event berikutnya dan sisanya dimasukkan ke kas bersama.

Saat ini yang sedang menjadi target AKAOI saat ini adalah menjadi unit kegiatan mahasiswa resmi di PNJ agar eksistensi mereka diakui. Namun, saat ini masih belum bisa terwujud karena ada beberapa persyaratan yang AKAOI belum bisa penuhi. Belum ada target kapan AKAOI akan menjadi kegiatan mahasiswa resmi, tapi para anggota berusaha sesegera mungkin.

Melihat begitu menariknya kegiatan yang ada dalam komunitas ini, tentunya banyak mahasiswa dengan hobi serupa yang tertarik untuk gabung menjadi anggota, dan AKAOI sendiri dalam proses penerimaan anggota tidak menetapkan persyaratan khusus, bahkan siapa saja bisa bergabung asalkan mereka berkomitmen untuk mengikuti peraturan. AKAOI sendiri berharap dengan kegiatan yang mereka lakukan dapat banyak menebarkan manfaat dan turut membuka wawasan kepada orang-orang sekitar terhadap budaya dunia, khususnya budaya Jepang.


Nurimah Kurniasih
Politeknik Negeri Jakarta
 
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengenal AKAOI, Komunitas Jepang di Kalangan Mahasiswa PNJ Rating: 5 Reviewed By: mindis.id