mindis.id
Latest News
Monday, November 20, 2017

KT&G Sang Sang School Culture Festival: Wadah bagi Peminat Budaya Korea

Baca Juga



MINDIS.ID - Semakin berkembangnya hubungan persahabatan dan kerja sama di bidang ekonomi antara Indonesia dan Korea, ditambah dengan banyaknya peminat Korean-Pop (K-Pop) dan drama Korea, semakin meningkat pula rasa ingin tahu akan pendidikan, pariwisata, dan kebudayaan Korea.

Dengan tujuan menjadi wadah bagi orang Indonesia yang mempunyai minat yang besar terhadap Korea, Lembaga Bahasa Korea KT&G bersama dengan Sang Sang School, serta didukung oleh BBB Korea dan Yayasan STK Budaya, membuat 2017 Jakarta KT&G Sang Sang School Culture Festival pada 18 November 2017. Acara yang berlangsung di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia, ini merupakan agenda tahunan. Acara ini berisi Korean Speech Competition, Korean Food Festival, Dance and Singing Cover Competition, serta pengenalan tari tradisional Indonesia dan Korea.

Lembaga Bahasa Korea KT&G merupakan lembaga yang didirikan atas kerja sama Pendidikan Hangeul Jakarta dengan BBB Korea, organisasi non-pemerintah yang berada di bawah naungan Kementrian Kebudayaan dan Olahraga. Lembaga ini didirikan sejak Maret 2014 dengan rencana untuk menyebarkan beragam kebudayaan Korea kepada masyarakat Indonesia dengan lebih aktif, melalui pengajaran bahasa Korea. Oleh karena itu, dibuka Sang Sang School.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Korean Speech Competition, Korean Food Festival, dan Dance and Singing Cover Competition digelar di hari yang sama. Pada 2016, Dance and Singing Cover Competition dan Korean Food Festival dilaksanakan pada Maret, sedangkan Korean Speech Competition pada Desember.
 
Sumber: istimewa

Acara yang diselenggarakan outdoor ini dibuka oleh dua MC, salah satunya berasal dari Korea Selatan. Acara diawali dengan sambutan dari beberapa perwakilan Lembaga Bahasa Korea KT&G, yang sekaligus mengenalkan Sang Sang School sebagai wadah untuk belajar bahasa Korea. Salah satu perwakilan juga mengatakan bahwa seperti tahun sebelumnya, pemenang Korean Speech Competition akan pergi ke Korea pada Desember ini.

Pengenalan budaya Korea mulai terasa saat penampilan beberapa tari tradisional Korea. Di dalam hall juga terdapat hanbok, pakaian khas Korea, yang dapat dipakai oleh pengunjung untuk berfoto. Selain itu, makanan yang dijual pun semuanya merupakan makanan khas Korea. Seperti kimbap dan tteokbokki.
Antusias pengunjung terlihat saat Dance and Singing Cover Competition berlangsung. Sistem perlombaan ini ialah peserta dibagi ke dalam dua bagian, dance cover dan singing cover. Peserta dance cover harus menarikan lagu K-Pop dan bergaya persis sesuai dengan artisnya. Sedangkan, peserta singing cover harus menyanyikan lagu Korea dengan pelafalan bahasa Korea yang baik.

Sesuai dengan tujuan acara ini, di sela-sela acara pun diadakan kuis yang menguji wawasan pengunjung terhadap Korea. Hadiah yang diberikan ialah bingkisan yang di dalamnya terdapat buku untuk belajar bahasa Korea.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang Korean Speech Competition dan Dance and Singing Cover Competition. Pemenang Dance and Singing Cover Competition mendapatkan uang tunai, sedangkan pemenang Korean Speech Competition akan pergi ke Korea pada Desember selama kurang lebih tujuh hari.


Syifa Hoirunnisa
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: Facebook.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: KT&G Sang Sang School Culture Festival: Wadah bagi Peminat Budaya Korea Rating: 5 Reviewed By: mindis.id