Latest News
Wednesday, August 16, 2017

Partai HANURA dan Kebangkitan Future Group

Baca Juga



MINDIS.ID - Dalam ilmu sosial, kita mengenal dengan teori dialektika yang disempurnakan oleh George Wilhem Friederich Hegel (1770-1831). Konsep Dialektika Hegel mengenal istilah Tesis,  anti-tesis,  dan menghasilkan Sintesis.  Tesis adalah sebuah gambaran awal,  lalu muncul anti-tesis sebagai lawan atau keterbalikan dari tesis, dan akhirnya menjadi sebuah sintesis atau sebuah gambaran baru.  

Teori dialektika inilah yang sedang terjadi pada perpolitikan Indonesia saat ini.  Arus utama perpolitikan saat ini dikuasai oleh orang - orang yang itu - itu saja atau orang - orang yang sudah lama memiliki peran di pemerintahan dan partai politik.  Inilah yang selanjutnya disebut dengan isitlah sunset group. Keadaan arus utama perpolitikan Indonesia adalah Tesis saat ini 

Kini, dibeberapa ruang publik, muncul istilah future group.  Future group adalah kelompok yang menginginkan perubahan atas arus utama perpolitikan Indonesia. Kelompok ini menginginkan revolusi dengan mengganti orang - orang yang dianggap usang dengan tokoh muda dan visioner.  Kelompok ini meyakini bahwa arus perpolitikan utama Indonesia saat ini sudah gagal dan harus dirubah dengan mengikuti perkembangan zaman.  Hal ini diperkuat dengan data bonus demografi Indonesia yang didominasi oleh kelompok muda.  

Berdasarkan teori Hegel, tentu aka nada Anti-tesa. Hal ini pun menjadi sebuah bukti nyata dimana lahir sebuah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang mengusung jargon "saatnya anak muda memimpin". Permasalahannya adalah  situasi anti-tesa ini tidak mudah untuk teralisasi seperti apa yang dibayangkan kelompok future group.  Future group hanya kuat dalam tataran teori,  namun lemah dalam pengalaman. Selain itu,  jaringan sunset group lebih kuat dan sudah mengakar di daerah - daerah seluruh Indonesia, dan sangat sulit untuk merubahnya. Inilah yang menjadi problem utama kelompok future group. 

Namun,  bukan berarti partai politik yang berada di pemerintahan saat ini tidak mendukung kelahiran future group.  Partai Hanura adalah salah satu partai yang meyakini bahwa tongkat estafet perlu diberikan kepada golongan muda.  Namun,  pemberian ini tidak serta merta begitu saja. perlu adanya pendidikan politik bagi kaum muda dengan memberikan pengalaman pada politik praktis. Hal ini yang sedang dilakukan Partai yang diketuai oleh DR. (HC) Oesman Sapta atau yang akrab disapa OSO.  

Salah satu bukti nyata bahwa Partai Hanura mendukung kelompok future group adalah lahirnya PEMUDA Hanura, GEMA Hanura, dan Satria Hanura. Ketiga Organisasi sayap  ini adalah sebuah organisasi Partai Hanura yang mewadahi para golongan muda untuk dapat belajar politik praktis sehingga golongan muda ini siap untuk maju di pentas perpolitikan tanah air. Tidak hanya pengalaman, anggota dari kelompok ini juga dibekali oleh teori – teori politik sehingga anggotanya benar – benar siap untuk ikut dalam kontes perpolitikan tanah air. Selain itu, ada pula LASMURA (Laskar Muda HANURA) yang akan menjadi sebuah organisasi sayap yang mewadahi para pemuda HANURA.  

Semua organisasi ini hanyalah salah satu bukti bahwa Partai Hanura benar – benar mendukung pemikiran – pemikiran dan eksistensi kelompok muda. Ini yang dapat dikatakan sebagai sebuah sintesis seperti yang dikatakan oleh Hegel. Dengan adanya sinergitas yang baik antara kelompok sunset group dan kelompok future group. Partai Hanura dengan kelompok mudanya siap untuk memajukan bangsa dengan gagasan - gagasan yang fresh dan visioner. 

Ahmad Hidayah 
Staf Sekretariat DPP Partai HANURA 



  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Partai HANURA dan Kebangkitan Future Group Rating: 5 Reviewed By: mindis.id