mindis.id
Latest News
Thursday, February 16, 2017

World is Not Fair!

Baca Juga


Beragam pemberitan yang muncul di media massa terkait politik, ekonomi, sosial, hingga ranah hiburan sekali pun membuat saya mulai berpikir bahwa ada yang tak seimbang dan tak sejalan di dunia ini. Orang-orang penyebar berita hoax dan fitnah malah digandrungi dan dibela habis-habisan. Tak jarang timeline pemberitaan dan media sosial isinya jatuh-menjatuhkan dan caci maki tak ada habisnya. Sebanyak 10% orang terkaya di Indonesia justru menguasi hampir tiga per empat kekayaan negeri ini, orang-orang berteriak HAM tapi justru keistimewaan orang lain tak punya tempat. Selain itu, cowok “nakal” lebih ditangisi dari pada yang “baik”. 

Secara pribadi, saya tidak bisa mengatakan kalau semuanya baik-baik saja, sekali pun dengan ketidakadilan yang setiap hari kita saksikan bahkan kita alami. Namun semakin ditelusuri, semakin disadari bahwa memang begitu adanya. Khususnya Indpnesia merupakan negara kepulauan yang masih berkembang dan belum dikategorikan sebagai negara maju. Tak heran jika perbedaan si kaya dan si miskin begitu mencolok. Bahkan, 77% kekayaan negeri ini memang dipersembahkan untuk orang-orang yang sudah menjadi milyader. 

Lalu bagaimana dengan sila ke-5, Keadilan bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Di mana harusnya letak keadilian ini? Kepada hal-hal yang sudah berjalan tidak adil agar dimaklumi dan disebut “adil saja” atau kita masih menuju proses pemerataan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia? Saya pun tidak dapat menjawabnya. 

Hanya saja, jika merujuk kepada makna adil secara harfiah, maka setiap orang mendapatkan porsi segala sesuatu sesuai kebutuhannya. Orang-orang yang terlibat politik dikatakan adil karena memang itu tugas mereka. Kekayaan Indonesia itu porsi para milyader karena mereka mampu “menguangkannya” dan cowok “nakal” memang memikat hati. Begitu seharusnya? 

Lagi-lagi saya tidak tahu dan entah kapan akan memahami. Sekarang, dunia sering terasa tidak adil. World is not fair! 


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: yummymummyclub.co
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: World is Not Fair! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id