mindis.id
Latest News
Tuesday, February 7, 2017

Tumbuhlah Industri Kreatif Indonesia!

Baca Juga



Secara umum, industri kreatif adalah corak industri yang bertumpu pada kreativitas dan kemajuan teknologi. Belakangan ini pemerintah Indonesia sangat serius dalam hal penegembangan Industri Kreatif, salah satu terobosan yang progresif dan banyak melibatkan generasi muda. Positifnya, bahwa kreativitas generasi muda semakin maju serta dapat menguatkan perekonomian mereka.  

Industri kreatif, begitu menjanjikan kaum muda. Namun, bukan berarti industri ini prospek dalam setiap sisi. Tahun 2016 kemarin tercatatat industri kreatif indoneisa tumbuh hampir 8%. Namun peningkatan 8% pada capaian 2106, mayoritas disumbang dari industri mode (fashion) sebanyak 34%. Sedangkan industri kreatif dalam segi produksi barang mengalami stagnansi. Ini adalah indikasi bahwa kecenderungan dari pertumbuhan industri kreatif di indonesia berbasis jasa bukan barang. Hal inilah yang sebenarnya menjadi salah satu kekhawatiran dalam dinamika persaingan global.

Jika kita mengacu pada industri kreatif yang cukup maju, seperti Amerika, Jepang atau Korea, sebenarnya industri kreatif juga tidak berdiri sendiri. Sebab  industri kreatif juga tidak bisa sebatas mengandalkan kearifan lokal dengan teknologi yang terbatas

Amerika yang juga terkenal dengan industri film Hollywood, hal itu tidak berdiri sendiri melainkan dampak dari kemajuan industri militer Amerika. Itu juga salah satu yang menyebabkan film-film action perang Hollywood memiliki pencapaian secara teknologi yang luar biasa. Hal yang kurang lebih serupa juga terjadi pada Jepang dan Korea Selatan karena ada kemajuan industri otomotif dibelakangnya.

Dari fenomena diatas adalah upaya menjelaskan bahwa tetap harus berdiri secara kokoh industri konvensional, sebagaimana yang terjadi di Amerika, Jepang dan Korsel. Maka dengan begitu kaum muda Indonesia juga harus disadarkan bahwa masa depan yang sebenarnya ada pada industri konvensional strategis.

Kunci dari kebangkitan Indonesia bisa dimulai dengan melakukan transformasi pengetahuan kepada kaum muda bahwa mendorong corak produksi masyarakat menuju industrial adalah sesuatu yang harus dilakukan. 

Pemerintah harus secara serius mendorong kebijakan-kebijakan nasional yang berorientasi pada peralihan corak agraris menuju industrialis dan kaum muda terdidik harus kembali didengungkan, bahwa ditengah persaingan global yang semakin kompetitif tidak ada cara selain beralih menju tatanan industrial. 

Memang hal ini buka sesuatu yang mudah, tapi setidaknya gagasan-gagasan ini harus kembali dibicarakan pada ruang publiksehingga publik akan menentukan mana resolusi terbaik untuk kemajuan bangsanya kelak. 

Selain mendorong kebijakan yang berporos pada agenda industrialisasi nasional, pemerintah di waktu  yang sama juga harus melakukan konsolidasi pengusaha nasional untuk mendorong agenda itu karena pemerintah juga akan kesulitan dalam melakukan industrialisasi nasional tanpa peran para pengusaha nasional. Pemerintah harus secara tegas mengarahkan program industrialisasi sehingga para konglomerat nasional bukan berporos pada bisnis properti

Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar : http://kreateknologi.blogspot.co.id/

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tumbuhlah Industri Kreatif Indonesia! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id