Latest News
Sunday, February 5, 2017

Sudah Siapkah Warga Ibu Kota Memilih?

Baca Juga


Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta semakin dekat. Kualifikasi kandidat cagub dan cawagub makin diperhitungkan lewat serangkaian debat yang ditayangkan di beberapa stasiun televisi. Belum lagi serangkaian aksi politik maupun nonpolitik yang turut mewarnai hari-hari menjelang pemilihan ini menyedot perhatian tidak hanya warga Jakarta saja tetapi hampir seluruh Tanah Air. Headline berita tidak pernah jauh-jauh dari hal tersebut. 

Meskipun bisa dikatakan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap jalannya proses demokrasi, sangat disayangkan justru hal ini menjadi titik balik bahwa rakyat ibu kota sebenarnya belum siap untuk memilih. Beragam peristiwa terjadi karena tersulut informasi yang tak jelas pembuat dan penyebarnya siapa, tiba-tiba segala bentuk keimanan dan kerukunan terpecah belah. 

Kita, belum bijak dalam mengolah informasi yang datang terkait hal apa pun. Perpecahan hingga pertumpahan darah sudah hal biasa semenjak beberapa waktu belakangan ini. Belum lagi televisi-televisi yang tak lagi netral dengan gamblang memprioritaskan satu pasangan. Terhadap hal-hal kecil seperti itu saja, sudah pantaskah kita selaku warga untuk menentukan pilihan? 

Internet memang ada untuk memudahkan urusan penggunanya, tapi yang ada justru internet menjadi imbas kebodohan seseorang terhadap informasi yang datang. Cobalah sesekali membaca komentar-komentar yang ada di bawah postingan tentang pemilihan yang akan datang. Kalau bukan menyudutkan, pasti memprovokasi. Hampir semuanya seperti itu. 

Lagi-lagi, kita memang sepenuhnya belum siap memilih. Jika kredibilitas calon pemimpin hanya dibaca dari berita yang tak jelas, obrolan orang-orang, dan televisi yang tak lagi netral, maka tak salah jika pemimpin lahir dari hasil provokasi. Tak mungkin jika calom pemimin DKI Jakarta sepasang tokoh yang tak dikenal. Sebelumnya pasti mereka sudah memiliki sepak terjang tersendiri, sebab itu carilah sumber yang jelas dan budayakan membaca sebelum berkomentar. Kita, siap memilih jika warganya sudah “melek” dengan informasi, bukan ketagihan browsing internet. 


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: play.google.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sudah Siapkah Warga Ibu Kota Memilih? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id