Latest News
Tuesday, February 7, 2017

Stop Main Gadget Ketika BAB!

Baca Juga

BAB bawa gadget

Buang air besar alias BAB merupakan agenda wajib. Normalnya, satu kali dalam sehari. Selain berperan sebagai pembuangan bakteri dan racun-racun dari dalam tubuh, kotoran yang keluar bisa juga dijadikan sebagai indikator kesehatan seseorang. 

Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini rutinitas BAB tak sekadar nongkrong di kloset. Kamu pasti pernah atau selalu bawa gadget ke dalam kamar mandi saat BAB untuk sekadar mendengarkan musik bukan? Meskipun kegiatan BAB sambil main gadget memang ampuh sebagai kawan mengusir bosan, kamu tetap harus memikirkan dampak yang sekiranya terjadi jika terus-menerus melakukan kebiasaan tersebut.  

Kamar Mandi Sarang Berbagai Macam Bakteri, Virus, dan Kuman
Sudah tidak diragaukan lagi, kamar mandi merupakan sarang berbagai macam bakteri, virus, dan kuman. Keasyikan bermain gadget sehingga BAB membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Sudah pasti kamu akan menyerap oksigen yang berada di kamar mandi yang sudah terkontaminasi oleh berbagai kotoran tersebut. Hal ini sudah pasti tidak baik bagi kesehatan kamu. 

Waktu Normal BAB 10-15 Menit
Jika tidak ada dorongan untuk BAB lagi, lebih baik tidak diusahakan mengejan yang dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus hingga pendarahan di anus. Nah, jika kamu keasyikan main gadget maka jadi lupa, BAB-nya sudah selesai tapi tetap terus mengejan. 

Gadget Jatuh ke Dalam Kloset, Lantai Kamar Mandi, atau Bak Air
Jika tidak hati-hati, bukan hal yang mengejutkan gadget kamu jatuh ke dalam kloset, lantai kamar mandi, atau bak air. Jika ini sudah terjadi, bukannya mendapat kesenangan, kamu malah semakin dirugikan. 

Lebih baik urusan BAB diselesaikan secepatnya tanpa perlu membawa gadget agar hal-hal di atas tidak terjadi tentunya. 

*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: lifestyle.sindonews.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Stop Main Gadget Ketika BAB! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id