Latest News
Tuesday, February 7, 2017

Review Film: Silence (2016)

Baca Juga



Genre     : Drama, Sejarah

Rilis       : 2016

Pemain   : 
• Andrew Garfield sebagai Pendeta Sebastiao Rodrigues
• Liam Neeson sebagai Pendeta  Cristovao Ferreira
• Adam Driver sebagai Pendeta Francisco Garrpe
• Ciaran Hinds sebagai Pendeta Alessandro Valignano
• Shin'ya sebagai Tsukamoto Mokichi
• Nana Komatsu sebagai Penganut Agama Katolik

Sinopsis

Film "Silennce" ini akan bercerita tentang dua Pastor Yesuit bernama Rodrigues (Andrew Garfield) dan Garrpe (Adam Driver). Film ini berlatar belakang pada abad ketujuh belas atau pada tahun 1971 di Jepang.

Kedua Pastor ini melakukan perjalanan ke Jepang, yang pada saat itu Jepang di bawah kekuasaan dari pemerintahan Kesogunan Tokugawa. Saat itu aliran Katolik dilarang.  Prajurit Tokugawa melakukan itu kepada seluruh umat Kristen di Jepang dengan tujuan membersihkan Jepang dari semua pengaruh Barat. Pada akhirnya para imam melarikan diri dan Rodigues melakukan perjalanan ke pedesaaan, Ia bertanya-tanya mengapa Tuhan tetap diam sementara anak-anakNya menderita.

Review

Meski premis sederhana tentang misi pencarian orang hilang pada awalnya. Silence dengan tema religi yang serius kemudian bergerak lambat bersama temponya yang merangkak. 

Peralahan misi pencarian dan misionaris berubah menjadi lebih dalam dan kompleks, lebih kepada pertentangan batin karakternya. Kita mungkin bisa melihat dengan jelas bagaimana karakter Sebastiao Rodrigues dan Francisco Garupe mengalami guncangan hebat, baik fisik maupun psikis tetapi tidak dengan alur ceritanya yang terkesan misterius.

Menonton Silence seperti menjelajahi kamar gelap yang tidak kita kenal, ada kejutan di setiap perjalanannya, ada pertanyaan di setiap kelokan.  Scorsese sang sutradara,  membuat kita sama terjebaknya dalam situasi dilematis hebat sama seperti yang dihadapi oleh  Sebastiao Rodrigues yang kemudian menjadi satu-satunya fokus karakter. 

Meski Jepang dan pemerintahannya digambarkan sebagai tanah yang angker buat kaum nasrani tetapi Scorsese tidak pernah benar-benar eksplisit untuk menggambarkan mana pihak yang benar dan mana pihak yang salah. 

Kedua kubu punya alasan masing-masing mempertahankan keyakinannya dan Scorsese menjabarkannya dengan sangat cerdas yang membuat segala kebrutalan di dalamnya masih bisa diterima meski terasa menyakitkan.

Sementara  pada akting, Andrew Garfield melalukan salah satu peran terbaik dalam kariernya, menjadi pastor Sebastiao Rodrigues. Mungkin aksen Portugisnya terdengar buruk tetapi tidak dengan bagaimana ia berhasil meyakinkan penontonnya bahwa seorang dengan label religius pun bisa sama rapuhnya dengan manusia-manusia lain ketika dihadapkan dengan ujian maha berat. 

Adam Driver meski tampil hanya di separuh film. Namun, ia terbilang memberi arti lain dari sebuah keraguan dan kegamangan. Liam Neeson muncul di awal film dengan wajah yang minta dikasihani. Karakternya terkesan misterius sama seperti nada Silence itu sendiri. Pertanyaan tentang nasibnya berada di ujung film dengan ending yang akan membuatmu terdiam merenung.

Nilai : 8,5 

Annisa Fadhilah 
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta 


  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Film: Silence (2016) Rating: 5 Reviewed By: mindis.id