Latest News
Tuesday, February 7, 2017

Jangan Panaskan Tiga Jenis Makanan Ini!

Baca Juga

memanaskan masakan

Karena sayang makanan terbuang, tak jarang kita lebih memilih untuk menyimpan sisa makanan di lemari pendingin, kemudian dipanaskan kembali ke dalam microwave atau kompor untuk dikonsumsi. Pada kenyataannya, ternyata tidak semua jenis makanan boleh dipanaskan karena alasan kesehatan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut Mindis.id akan menyajikan beberapa jenis makanan yang tidak boleh kamu panaskan. 

Bayam 
Sayuran yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu, baik menu masakan rumahan atau restoran, biasanya sayur bayam memang pelengkap hidangan. Bayam memang dianjurkan untuk tidak dipanaskan karena proses oksidasi yang terjadi nantinya akan membahayakan kesehatan tubuh. 

Gorengan 
Orang Indonesia, siapa sih yang menolak kelezatan gorengan? Tidak pagi, siang, atau malam, gorengan tetap saja nikmat untuk disantap. Namun, bila makanan yang satu ini bersisa, sebaiknya tidak digoreng kembali atau dipanaskan. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kolesterol karena penumpukan minyak. 

Nasi 
Perlu diketahui, memanaskan nasi bukan berarti menaruh nasi di dalam rice cooker tetapi memanaskan nasi yang sebelumnya sudah dingin dan berada di ruangan terbuka. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan spora yang berkembang biak menjadi kuman dan bakteri. 

Jadi, jangan karena hanya takut mubazir dan boros, kamu jadi tidak memperhatikan kesehatan! Buatlah makanan secukupnya dan sesuai konsumsi sehari-hari. 

*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: kursusjogja.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jangan Panaskan Tiga Jenis Makanan Ini! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id