Latest News
Tuesday, February 7, 2017

Jangan Lakukan Tiga Hal Berikut agar Kerahasiaan Akun Kamu Tetap Terjaga!

Baca Juga

peretas akun

Walaupun media sosial memungkinkan setiap orang memperlihatkan informasi pribadi terhadap umum, namun tetap saja, kita, sebagai pengguna internet aktif, membutuhkan password sebagai langkah aman untuk melindungi akun yang dimiliki agar tak disalahgunakan. Akan tetapi, menurut beberapa survei yang dilakukan, masih banyak pengguna internet yang belum bisa membuat kode pengaman atau password yang efektif. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna internet kala membuat password. 

Menggunakan Password yang Mudah Ditebak 
Sebaiknya, ketika menentukan kode pengaman, lebih baik menggunakan gabungan huruf dan karakter agar kekuatan dan keamanannya lebih terjamin serta sulit diretas. 

Password yang Sama untuk Berbagai Akun 
Tak jarang karena terlalu malas untuk mengingat atau menyimpan password, kita lebih memilih menggunakan password yang sama untuk berbagai akun. Padahal tindakan ini cukup berisiko. Jika satu akun kode pengamannya diketahui maka akun-akun yang lain juga terancam diretas. 

Membocorkan Password ke Pihak-Pihak Tertentu 
Password tidak harus dibocorkan kepada siapa pun termasuk orang-orang terdekat. Karena, kode pengaman tersebut hanya digunakan oleh si pemilik akun untuk melindungi kerahasiaan dan privasi. 

Jika kamu sudah mengetahu tiga kesalahan di atas, semoga bisa lebih bijak dalam membuat dan menggunakan password ya! 


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: manado.tribunnews.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jangan Lakukan Tiga Hal Berikut agar Kerahasiaan Akun Kamu Tetap Terjaga! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id