mindis.id
Latest News
Tuesday, January 17, 2017

Kebiasaan Rutin yang Berdampak Buruk bagi Otak

Baca Juga

otak terancam

Terkadang tanpa disadari, kita melakukan sebuah kebiasaan secara rutin yang berdampak buruk bagi fungsi dan bentuk otak. Meskipun mulanya tidak berdampak apa pun namun jika dibiarkan terus-menerus tentu akan berimbas pada organ lainnya. Apa sajakah kebiasaan buruk itu? Yuk, kita simak! 

Merokok 
Sudah tidak dirugakan lagi bahwasannya nikotin yang terkandung di dalam rokok sangat berdampak pada hampir keseluruhan organ tubuh manusia, salah satunya otak. Jika rokok dikonsumsi terus-menerus akan menurunkan kadar asam amino pada bagian tertentu otak manusia. 

Beban Pikiran yang Berujung pada Stres 
Rasa khawatir dan tertekan yang dibiarkan terus berlanjut akan berujung pada stres dan depresi. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kinerja otak seperti merusak koneksi antarsel saraf di otak manusia. 

Tidur Tidak Teratur 
Kebiasaan tidur merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan fungsi otak. Jadwal tidur yang berantakan dapat membuat otak menyusut dan mempengaruhi area tertentu pada otak. 

Jika kamu sudah mengetahui bahkan pernah melakukan hal-hal di atas, lebih baik dikurangi atau dihilangkan kebiasaan buruk tersebut agar fungsi dan kinerja otak tetap stabil. 


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: apakabardunia.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kebiasaan Rutin yang Berdampak Buruk bagi Otak Rating: 5 Reviewed By: mindis.id