Latest News
Monday, January 16, 2017

Kata Pak Sopir: Negeri ini Harus Dipercaya

Baca Juga

percaya pada pemimpin

Kemarin, ketika perjalanan pulang ke rumah, saya menghabiskan waktu sekitar tiga jam di dalam bus antarkota untuk sampai di kampung halaman. Penumpang bus penuh, mulai dari anak-anak kuliah, pegawai kantor, hingga keluarga besar pulang liburan. Kebetulan saya duduk dua bangku di belakang sopir, di sudut dekat jendela jadi bisa dengan leluasa memperhatikan atau sekadar mendengar obrolan orang-orang di dalam bus. 

Selama perjalanan tidak ada yang terlalu menarik, hingga sekitar satu jam perjalanan, sopir bus dan tiga orang penumpang terlibat obrolan yang seru sekali. Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan, hingga lama-kelamaan saya tahu arah pembicaraan ini. Apalagi kalau bukan politik tentunya. 

Persiapan pilkada hingga debat Cawagub DKI Jakarta ini sepertinya menyedot perhatian hampir seluruh masyarakat Indonesia meskipun kami—penumpang bus ini bukan orang yang akan melakukan pemilihan nantinya. 

Sepanjang obrolan tidak ada perkataan memihak atau menjatuhkan namun saya mendengar banyak kalimat percaya. Iya, percaya kepada pemimpin negeri ini, bagaimana pun bentuk kepemimpinannya. Sesekali obrolan mereka menyerempet kepada Pak Presiden Jokowi. Mendengar obrolan tadi, saya mulai bertanya-tanya, ketimbang berdebat soal siapa yang dipilih hingga harus ada fitnah dan sengketa saling menjatuhkan, tak bisakah rasa percaya itu disimpan untuk diri sendiri? 

Pilihan adalah hal yang bersifat pribadi dan rahasia. Ketika memilih seorang pemimpin maka yang pertama kali harus diserahkan adalah rasa percaya bahwa pemimpin itu nantinya bisa mengurus negeri ini mewakili seluruh rakyat Indonesia. Percayakan saja, lalu awasi dengan tenang. Tugas kita adalah menjadi warga negara yang baik dan taat hukum sesuai rambu-rambunya. 

Menyoal spiritual itu adalah hubungan istimewa antara manusia dan penciptamya dan tak boleh ada manusia lain yang mengsusik. Daripada belum apa-apa sudah demo, sudah protes, sudah berteriak ini itu, maka awasi saja. Lihat seberapa besar kualitas kepemimpinan yang tengah dijalani. Lambat laun berjalan, kepercayaan tersebut akan memberikan bukti. Jika tak becus maka proteslah dengan baik dan terhormat sehingga yang berkhianat akan merasa bersalah kepada seluruh penduduk negeri ini. Jika berjalan baik, maka berterima kasihlah karena tak mudah memimpin negeri kepulauan ini yang setiap wilayah kecilnya juga punya otonomi daerah masing-masing. 


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: nannisa7.blogspot.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kata Pak Sopir: Negeri ini Harus Dipercaya Rating: 5 Reviewed By: mindis.id