Latest News
Sunday, January 29, 2017

6 Kejadian Penting Setelah Trump Terpilih

Baca Juga




Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat memberikan kejutan kepada dunia beberapa hari ini. Sosoknya yang kontroversial dinilai akan membawa AS dalam kebijakan proteksionisme.

Dikutip kanal berita the Independent, Trump bahkan disebut sebagai presiden AS paling tak populer pascapelantikan dalam 40 tahun terakhir.  Sejumlah kejadian penting juga terjadi setelah Trump terpilih dalam pilpres pada November tahun lalu. Berikut 6 kejadian penting setelah Trump terpilih. 

Trump Munculkan Kembali Wacana Kompetisi Nuklir

Pada 22 Desember lalu, Trump berkicau di akun Twitter-nya tentang visinya dalam memimpin AS. Dalam tweet-nya, Trump menyebut ingin membawa AS dengan kemampuan senjata nuklir yang lebih kuat. 

Sehari setelah berkicau di media sosial, Trump diundang oleh salah satu stasiun televisi. Trump bahkan secara blak-blakan mengatakan kepada pembawa berita Mika Brzezinski bahwa ia akan mengalahkan semua pesaing AS dalam perlombaan senjata nuklir. "Biarlah ada perlombaan senjata. Kami akan kalahkan mereka," ujar Trump saat itu. 

Namun,' ancaman' yang sempat dilontarkan Trump tersebut bisa jadi tidak seserius yang didengar. Tak lama setelah pernyataannya tentang perlombaan senjata nuklir, Trump sempat mengatakan kepada pers tentang kemungkinan perjanjian 'pelucutan senjata' dengan Rusia. "Mari kita lihat apakah kita bisa buat kesepakatan dengan Rusia," katanya. "Di satu sisi saya melihat senjata nuklir harus dihindari dan dikurangi," ujarnya lagi. Sebelumnya, belum pernah dalam kebijakan pertahanan Amerika seorang presiden secara terang-terangan menyatakan akan memulai perlombaan senjata nuklir

Trump Malah Melawan Agensi Intelijen Sendiri 

Ketidaksukaan Trump terhadap Agensi Intelejen CIA,  muncul setelah CIA melaporkan ada keterkaitan Rusia untuk membantu kemenangan Trump dalam pemilu. Hal ini membuat Trump terus melawan CIA dalam beberapa pekan belakangan. Bahkan, trump membandingkan CIA dengan Nazi Jerman.


Kurs Dolar AS Meroket

Nilai tukar dolar AS melonjak dalam beberapa pekan setelah Trump terpilih sebagai presiden AS. Bahkan nilainya tercatat sebagai yang tertinggi dalam 14 tahun belakangan, melawan mata uang utama dalam perdagangan dunia. 

Fenomena ini menyusul janji-janji kampanye Trump untuk mendukung bisnis dalam negeri AS. Trump bahkan diyakini menjadi presiden terpilih terbaik dalam masa transisinya sebelum dilantik. Alasannya, belum dilantik saja ia sudah bisa membawa indeks harga saham gabungan ikut melonjak. 
Hanya saja, kenaikan ini sempat tertahan lantaran pasar menunggu realisasi kebijakan Trump setelah ia dilantik pada 20 Januari lalu.

Trump Tak Menepati Janji Kampanyenya Soal Tembok Perbatasan dengan Meksiko

Donald Trump baru dilantik pada Jumat lalu. Namun, sejumlah janji kampanyenya sudah dia langgar. Trump berulang kali menyatakan akan membangun tembok raksasa di perbatasan selatan dan Meksiko harus membayar konstruksinya. Tembok besar perbatasan menjadi salah satu meme politik paling diingat di kampanye Trump.

Akan tetapi, Trump baru-baru ini mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana pajak untuk membiayai proyek tersebut sebesar 14 miliar dolar AS. Dia juga berjanji untuk tidak mengangkat petinggi perusahaan di Washington tetapi justru mengangkat mantan petinggi Goldman Sachs dan sejumlah miliarder menduduki jabatan dalam pemerintahannya. 


Sejumlah Kota di Amerika Akan Menolak Kebijakan Imigran Trump

Sedikitnya 37 kota di wilayah Amerika tidak akan menerapkan kebijakan agresif Trump soal imigran. Kota tersebut termasuk San Fransisko, New York, dan Portland, Oregon yang dikenal sebagai kota liberal. 

Namun, Trump menjanjikan salah satu dari prioritas utamanya dalam 100 hari pemerintahan adalah menarik  semua dana bagi kota-kota yang menolak kebijakan tersebut kemungkinan akan membatasi gerakan penolakan tersebut. Trump berjanji akan mendeportasi tiga juta migran ilegal di hari pertama pemerintahannya. 

Donasi untuk Organisasi Aktivis Melonjak

Donasi untuk organisasi aktivis melonjak dengan cepat sejak Trump terpilih. Planned Parenthood yang terancam dengan kebijakan Trump menerima lebih dari 300 ribu donasi dari individu dalam enam pekan sejak pemilihan, melonjak 40 kali lipat dari biasanya. American Civil Liberties Union yang akan mengajukan gugatan hukum untuk sejumlah kebijakan Trump juga berhasil mengumpulkan 23 juta dolar AS sejak pemilihan.

Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 6 Kejadian Penting Setelah Trump Terpilih Rating: 5 Reviewed By: mindis.id