mindis.id
Latest News
Monday, December 5, 2016

Wine Bukan Hanya Soal Umur

Baca Juga



Makin tua umurnya maka makin berkualitas pula rasa dan aromanya, ini adalah ungkapan yang lekat dengan kualitas wine. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua minuman wine itu ideal untuk disimpan. Jika terkena kontak udara terlalu lama, cairan minuman yang terdapat di dalamnya akan mengalami perubahan sehingga tidak layak dikonsumsi.

Berikut enam pertanda saat kualitas wine sudah memburuk :

Berbau apek

Tanda pertama yang bisa dirasakan ketika ingin meninum wine  ialah soal bau atau aroma wine. Jika aroma wine tidak lagi harum seperti biasanya, malah berubah menjadi bau apek, asam, lembap ataupun basah, berarti kualitas cairan minuman wine ini sudah buruk.

Rasa Berubah

Umumnya wine memiliki cita rasa yang sama, yaitu  rasa manis. Jika minuman wine tidak lagi terasa manis atau berubah menjadi memiliki cita rasa aneh artinya cairan wine sudah terlalu terkekspos oleh suhu panas. Sebaiknya jangan lagi konsumsi wine tersebut, sebab ini pertanda wine tak lagi layak dikonsumsi.

Rasa Kimiawi 

Jika saat mencicipi wine terasa tertinggal rasa-rasa kimiawi di lidah atau tenggorokan, berarti kualitas wine memang sudah menurun drastis. Wine dengan kondisi seperti ini biasanya adalah wine yang kandungan buahnya tidak terlalu banyak atau rendah.

Cek Posisi Cork 

Tanda lain yang bisa diperhatikan ialah soal posisi cork atau gabus cokelat penutup botol wine. Jika posisinya terlihat agak menjorok terdorong keluar, ini artinya cairan wine di dalam botol telah menguap karena mengalami kondisi terkena suhu panas terlalu intens.

*Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik  Negeri Jakarta)

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : https://assets.entrepreneur.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wine Bukan Hanya Soal Umur Rating: 5 Reviewed By: mindis.id