mindis.id
Latest News
Friday, December 2, 2016

Ups, Ada yang Salah Kostum dalam Film-Film Ini!

Baca Juga

salah kostum

Dalam dunia perfilman, segala sesuatunya sangat diperhitungkan. Maka tak heran, jika proses pembuatan film membutuhkan waktu, kru, atau anggaran yang tidak sedikit. Bahkan tak jarang sebuah rumah produksi turut mempekerjakan tim peneliti atau ahli dalam penggarapan filmnya. Hal itu bertujuan agar suasana, seni dan budaya, serta kostum yang tersaji dalam film tidak berbeda jauh dengan kenyataan sehingga para penonton akan lebih mudah menikmatinya.

Namun, ternyata ada juga loh film-film terkenal yang para tokohnya “salah kostum”. Sebagaimana dilansir LifeBuzz.com, berikut ini adalah kesalahan kostum terburuk yang pernah terjadi.

Pride and Prejudice
Pride and Prejudice merupakan film yang diadaptasi dari novel klasik, yaitu sebuah novel karya Jane Austen terbitan 1813. Film ini menceritakan tentang perubahan kehidupan lima bersaudara dari keluarga Bennet setelah kedatangan Charles Bingley dan Mr Darcy di lingkungan mereka. Menariknya, pada versi Hollywood, Elizabeth Bennet (Lizzie) tampak memakai rubber Wellington Boots yang tentu saja tidak relevan dengan latar kehidupan cerita dalam film karena model sepatu tersebut baru mulai diproduksi tahun 1853.

Pearl Harbor
Kita tentunya sepakat, bila cerita film Pearl Harbor begitu dramatis. Film yang didasarkan pada kisah nyata ini mengambil setting waktu seminggu sebelum penyerangan Pearl Harbor terjadi. Konflik serta ketegangan pada situasi Perang Dunia II itu mampu digarap dengan baik oleh ang sutradara, Michael Bay. Meskipun demikian, kesalahan mode juga tidak luput dari film ini. Kesalahan itu berupa penampilan para pemain wanita yang bertelanjang kaki. Hal itu kurang sesuai dengan kondisi di masa itu, di mana wanita yang tidak mengenakan stoking akan ditangkap karena dianggap tidak rapi.

Django Unchained
Kesalahan mode berikutnya datang dari film Django Unchained. Sebuah film yang berkisah tentang budak bernama Django yang diperjualbelikan dalam pelelangan budak di Deep South, Amerika Serikat. Dalam film ini, sosok Django yang diperankan oleh Jamie Foxx kerap tampil dengan kacamata hitam selama menjalani hari-hari perbudakannya. Hal itu tentu saja kurang tepat, mengingat perbudakan di Amerika Serikat baru berakhir di 6 Desember 1865 dan kacamata hitam belum ada sampai tahun 1925.

Dirty Dancing
Dirty Dancing adalah sebuah film roman Amerika Serikat yang ber-setting tahun 1963. Film ini berkisah tentang hubungan percintaan antara Francis ‘Baby’ Houseman dengan seorang instruktur dansa bernama Johny Castle. Dalam film ini, Francis ‘Baby’ Houseman yang diperankan oleh Jenifer Grey terlihat mengenakan jeans pendek. Padahal gaya pakaian tersebut baru muncul di akhir 1960-an. 

Braveheart
Ketimpangan selanjutnya hadir dari sebuah film berjudul Braveheart. Film kolosal yang bercerita tentang sosok pahlawan legendaris Bangsa Skotlandia bernama William Wallace yang memimpin perjuangan kemerdekaan dari penjajahan Inggris di akhir 1290. Dapat dikatakan penggunaan kilt oleh Wallace dalam film ini tidak sesuai dengan setting waktu film. Hal itu lantaran kilt baru dikenakan bangsa Skotlandia pada tahun 1720.

Itulah daftar film terkenal yang salah dalam pemilihan kostum pemain. Beberapa pemakaian kostum yang kurang sesuai dengan setting waktu di dalam cerita. Hmm, jangan salah kostum ya, Guys!


*Yuga Andika Ramadhan
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: harian.analisadaily.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ups, Ada yang Salah Kostum dalam Film-Film Ini! Rating: 5 Reviewed By: mindis.id