mindis.id
Latest News
Sunday, December 4, 2016

Tips Memilih Tempat Untuk Berbisnis Kuliner

Baca Juga



Memulai bisnis kuliner, hal yang paling penting setelah rasa atau menu adalah lokasi atau tempat bisnis kuliner. Walaupun Anda mempunyai menu makanan yang istimewa tetapi tidak mempunyai tempat yang strategis, tentu akan mengalami hambatan dalam mencapai omset keuntungan. Usaha kuliner Anda tidak cepat berkembang kalua lokasi tidak mendukung.

Ada beberapa kriteria lokasi yang strategis untuk tempat usaha kuliner, supaya bisnis Anda bisa berkembang cepat adalah :

1. Dekat dengan pusat kota/ pusat keramaian seperti swalayan, pasar, terminal, stasiun, dan sebagainya. Bisa juga Lokasi dekat dengan hunian penduduk, seperti perumahan juga sangat strategis untuk tempat bisnis kuliner.

2. Mempunyai trafik yang tinggi, maksudnya adalah memiliki lalu lintas atau jumlah orang lewat depan lokasi yang tinggi untuk mengetahui trafik lokasi bisnis kuliner kita harus mengecek pada jam-jam tertentu seperti jam 7 pagi (saat sarapan pagi), jam 11 siang (saat makan siang), jam 4 sore (saat santai) dan jam 7 malam Saat makan malam. Coba amati pada jam-jam tersebut berapa banyak orang yang lewat.

3. Tempat nyaman dan parkir memenuhi syarat. Bisanya orang yang jajan tidak selalu hanya jalan kaki atau naik motor, terkadang ada yang mengendarai mobil. Jadi, semua kemungkinan harus sudah disiapkan dari awal menetukan lokasi berbisnis kuliner.

4. Kebersihan terjamin. Hindari lokasi yang dekat dengan tempat pembuangan sampah. Hindari juga tempat yang dekat dengan proyek pembangunan gedung, jembatan, dan sebagainya. Tempat seperti itu kurang nyaman untuk pengunjung Anda saat makan.

5. Keamanan yang terjamin. Keamanan lokasi merupakan syarat mutlak untuk ketenangan sebuah bisnis kuliner. Percuma kita memiliki lokasi yang strategis akan tetapi sering terjadi pencurian, perampokan, pemalakan, tawuran dan tempat tongkrongan preman.


Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)

*Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : http://galabisnis.com/ 

  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Memilih Tempat Untuk Berbisnis Kuliner Rating: 5 Reviewed By: mindis.id