Latest News
Thursday, December 29, 2016

Tanaman Penyegar Suasana Rumah

Baca Juga

tanaman hias

Tanaman biasanya diletakkan di pekarangan rumah untuk mempercantik dan menyegarkan suasana rumah. Namun, ternyata ada tanaman yang khusus diletakkan di dalam rumah bahkan di dalam kamar. Konon tanaman tersebut memiliki manfaat dari segi kesehatan hingga meningkatkan kualitas tidur lho! Berikut penjelasannya.

Aloe VeraTanaman lidah buaya atau Aloe vera ternyata tak hanya diandalkan untuk masalah kesehatan dan kecantikan saja. Satu pot tanaman lidah buaya setara dengan sembilan pembersih udara biologis. Lidah buaya menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida, dan karbon monoksida.

Tanaman lidah buaya berukuran mini atau sedang, kemudian diletakkan di dalam pot dengan berbagai model tentunya menambah segar dan “hijau” ruangan di rumah ataupun di kamar.

KaktusSelain metode pemeliharannya yang mudah, tanaman kaktus juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri. Maka dari itu, kaktus berukuran kecil sering ditata di dekat jendela atau meja belajar, sebagai penyerap karbon dioksida di malam hari sehingga meningkatkan kuantitas oksigen di dalam ruangan.

Peace Lily
Tanaman yang sering dijumpai dengan bunga berwarna putih ini berfungsi untuk membersihkan udara. Tanaman peace lily yang mampu memberantas racun benzene dan formaldehida ini memerlukan cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Tanaman ini sering dipilih karena bentuknya yang indah untuk meramaikan suasana rumah.

Meskipun merawat tanaman hidup seperti di atas memerlukan keahlian dan kesabaran, tak jarang orang lain lebih memilih yang praktis saja, seperti tanaman plastik berwarna hijau. Padahal manfaat dari tanaman hidup sangat baik untuk kesehatan udara di lingkungan rumah.


*Miftahur RahmiMahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: jenistanaman.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tanaman Penyegar Suasana Rumah Rating: 5 Reviewed By: mindis.id