mindis.id
Latest News
Sunday, December 18, 2016

Tambahan Uang Saku dari Hobi

Baca Juga

hobi yang dibayar

Kadang, ketika sedang sibuk mengikuti kegiatan sekolah atau perkuliahan, kalian pasti bingung bagaimana cara untuk menambah uang saku. Mengharapkan dari orang tua saja, tentu tidak mungkin karena jumlah yang diberi sudah cukup untuk kebutuhan pokok kalian.

Akan tetapi, pernahkah kalian berpikir untuk menambah penghasilan melalui hobi? Iya, hobi yang dibayar. Menyenangkan bukan? Berikut beberapa hobi yang memungkinkan kalian untuk memperoleh tambahan uang saku.

Menulis
Saat ini banyak perusahaan ataupun media online yang membutuhkan penulis freelancer. Kalian bisa memilih jenis tulisan yang ingin dijadikan lahan pekerjaan. Atau, jika kalian tidak bisa diterima di perusahaan atau media online, tidak ada salahnya mencoba untuk mengirimkan naskah tulisan ke media cetak atau media online. Jika naskah kalian diterbitkan, tentu kalian akan memperoleh uang dari pihak media tersebut.

Bisnis
Bagi kalian yang hobi berbisnis tapi tidak memiliki modal yang besar, tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal kecil. Seperti berbisnis pulsa atau paket internet. Jika kalian tekun dalam melakukannya, tentu saja untungnya cukup untuk menambah uang saku.

Memasak
Saat ini, minat masyarakat terhadap berbagai jenis olahan makanan cukup tinggi. Kampus atau sekolah bisa jadi sasaran bagi kalian untuk menjual hasil masakan seperti gorengan, donat, puding, dan lain-lain. Mulailah dari masakan yang tidak membutuhkan banyak modal dan tenaga.

Adobe Illustrator
Di antara kalian tentu ada yang hobi membuat poster, mengedit foto, membuat vektor wajah, dan lain-lain menggunakan Adobe Illustrator. Cobalah untuk mulai memasarkan karya-karya kalian ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Bayaran untuk sebuah hasil desain cukup besar lho!

Selain yang tertulis di atas, sebenarnya masih banyak hobi lain yang bisa dijadikan ladang bisnis. Asalkan kalian tekun dan mau bekerja keras untuk melakoninya.


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: pinjam.co.id
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tambahan Uang Saku dari Hobi Rating: 5 Reviewed By: mindis.id