mindis.id
Latest News
Monday, December 12, 2016

Solidaritas yang Harus Dirawat

Baca Juga



Gempa bumi yang menerpa wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam juga bukan sebuah bencana kecil. Gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter itu dilaporkan telah merenggut lebih dari 100 korban jiwa dan juga meluluhlantakkan puluhan tempat ibadah dan ratusan tempat tinggal.

Meskipun skala dan spektrum gempa kali ini tidak sebesar tragedi tsunami 2004, tetap saja hal itu tidak mampu menghilangkan penderitaan saudara-saudara kita di Aceh yang kini kembali mengalami musibah. Simpati dan empati sudah sepatutnya terus kita curahkan untuk mengurangi penderitaan mereka. Kita sebagai sesama anak bangsa perlu terus bahu-membahu menghimpun dukungan untuk membuat upaya pemulihan di Pidie Jaya berlangsung lebih cepat.

Sejumlah menteri pada Kabinet Kerja dilaporkan turun langsung meninjau wilayah terdampak untuk menilai situasi dan mengukur dukungan yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi darurat. Bahkan, Presiden Joko Widodo sudah bertolak dari Jakarta ke lokasi bencana untuk memimpin langsung proses pemulihan wilayah Pidie Jaya.

Atas kehadiran simbol-simbol negara di lokasi bencana tersebut, apresiasi tentu kita sampaikan. Simpati, empati, dan solidaritas tetap juga harus kita alirkan kepada saudara-saudara kita di Pidie Jaya. Sebagai satu kesatuan tubuh dalam berbangsa dan bernegara, Pidie Jaya di Nanggroe Aceh Darussalam adalah bagian tidak terpisahkan dari Indonesia.

Di luar penanganan kondisi darurat, evakuasi, dan program rehabilitasi melalui jalur-jalur resmi pemerintah. Kita patut bersyukur karena bantuan makanan, obat-obatan, pakaian, tenda permukiman, uang tunai, dan bentuk-bentuk bantuan lain terus mengalir dari seluruh komponen bangsa. Kita mau solidaritas ini dapat terus kita rawat. 

Solidaritas yang ditunjukkan anak-anak bangsa kepada korban bencana gempa di Aceh menunjukkan betapa kemanusiaan bisa merekatkan kita. Kemanusiaan terbukti melampaui batas-batas etnik, ras, agama, bahkan bangsa. 
 
Annisa Fadhilah
(Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta)
 
sumber gambar : http://cdn.inatimes.co.id/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Solidaritas yang Harus Dirawat Rating: 5 Reviewed By: mindis.id