Latest News
Wednesday, December 14, 2016

Soekarno dan Para Kerabat Internasional

Baca Juga



Soekarno atau yang dikenal dengan Bung Karno tidak hanya dikenal sebagai bapak proklamator yang heroik, selama menjabat sebagai Presiden di Indonesia. Soekarno juga mempunyai hubungan baik sehingga bersahabat dengan beberapa pemimpin negara lain pada waktu dulu. Berikut beberapa kisah persahabatan Bung Karno dengan beberapa tokoh dunia. 

1. Soekarno dan Fidel Castro
Bung Karno sangat akrab dengan Fidel Castro. Pemimpin Revolusi Kuba yang wafat belum lama ini menganggap bahwa Bung Karno adalah sahabat serta guru yang sangat berharga. Dari Bung Karno, Fidel belajar membangun Kuba kembali dari waktu ke waktu. 
Dalam pertemuan pada tahun 1960 di Havana, Kuba. Bung Karno sempat bertukar kopiah dengan topi dari Fidel Castro. 

2. Soekarno dan Kim Il Sung
Kim Il Sung sangat menghormati Bung Karno, begitu sebaliknya. Bung Karno pernah memberikan hadiah sebuah anggrek silang dengan nama Dendrobium Kimilsungia kepada Kim Il Sung dalam kunjungannya ke Jakarta pada1960 dan Bung Karno juga sangat dihormati oleh rakyat Kore Utara hingga sekarang. 

3. Soekarno dan Nikita Kruschev 
Nikita sangat menyukai sikap tegas Bung Karno, hubungan ini juga menghasilkan pengiriman peralatan senjata dari Rusia pada waktu itu. Nikita Kruschev juga pernah menyambut Bung Karno di Bandara dengan 150 orang paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia. Tenyata Masjid Raya di Moskow yang saat ini masih terbangun gagah merupakan gagasan Bung Karno kepada Nikita Kruschev yang kali itu menjadi Presiden di Uni Soviet atau Rusia.


Annisa Fadhilah
Mahasiswi Jurnalistik, Politeknik Negeri Jakarta

Diolah dari berbagai sumber 

Sumber gambar : http://cdn.jitunews.com/
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Soekarno dan Para Kerabat Internasional Rating: 5 Reviewed By: mindis.id