mindis.id
Latest News
Monday, December 26, 2016

Biaya Masih Menjadi Halangan Meraih Pendidikan

Baca Juga



Sebanyak 35,90% anak yang berada di perkotaan dan perdesaan dalam rentan umur 7-17 tahun tidak atau belum pernah sekolah atau tidak bersekolah lagi disebabkan persoalan biaya ini pendidikan merupakan suatu kebutuhan primer, pendidikan memegang peranan penting. Pada saat orang–orang berlomba untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin, tetapi disisi lain ada sebagian masyarakat yang tidak dapat mengenyam pendidikan secara layak, baik dari tingkat dasar maupun sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Kemiskinan karena tingkat pendidikan orang tua rendah merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan keterlantaran pemenuhan hak anak dalam bidang pendidikan formal sehingga anak mengalami putus sekolah.

Orang tua mempunyai peranan dan dasar terhadap keberhasilan perkembangan anak, sedangkan tugas dan tanggung jawab untuk hal tersebut adalah tugas bersama antara orang tua, masyarakat, dan pemerintah serta anak itu sendiri.

Secara alami anak lahir dan dibesarkan dalam keluarga , sejak lahir anak sudah dipengaruhi oleh lingkungan yang terdekat yaitu keluarga, akibat ketidak mampuan ekonomi keluarga dalam membiayai sekolah menimbulkan masalah pendidikan seperti masalah anak putus sekolah.

Dalam keluarga miskin cenderung timbul berbagai masalah yang berkaitan dengan pembiayaan hidup anak, sehingga anak sering dilibatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga sehingga merasa terbebani dengan masalah ekonomi ini sehingga mengganggu kegiatan belajar dan kesulitan mengikuti pelajaran.

Pendanaan pendidikan yang menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Sampai saat ini kenyataannya biaya itu ditanggung oleh orang tua siswa, akibatnya sekolah memungut berbagai iuran dan sumbangan kepada orang tua siswa sehingga pendidikan menjadi mahal dan hanya menyentuh kelompok masyarakat menengah ke atas. Anak–anak dari kelompok keluarga tidak mampu tidak sanggup membiayai sekolah anaknya.

Oleh karena itu langkah pemerintah dengan membebankan pembiayaan pendidikan kepada orang tua siswa tidaklah tepat, mereka yang tidak mampu lebih memilih untuk tidak meneruskan sekolah anaknya dan lebih diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Annisa Fadhilah
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta 

sumber gambar : http://aripitstop.com/


  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Biaya Masih Menjadi Halangan Meraih Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: mindis.id