mindis.id
Latest News
Friday, December 9, 2016

Rahasia Kantong “Seret” di Akhir Bulan

Baca Juga

kantong cekak

Membahas perihal keuangan, tentu tidak semua orang dapat mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Ada kalanya pengeluaran jauh melebihi uang yang masuk sehingga harus mengambil simpanan di sana-sini. Atau, pernahkah kamu merasa sudah berhemat dalam mengeluarkan uang tapi tetap saja di akhir merasa kekurangan? Bahkan dalam jumlah yang lumayan. Kira-kira apa saja ya kegiatan yang tiba-tiba membuat hidup hemat kamu menjadi berantakan?

Malas Bawa Air Mineral
Kebutuhan tubuh terhadap asupan air memang setiap saat dan bisa berbahaya jika tidak dipenuhi. Tapi kadang kamu malas membawa botol air ke mana-mana. Mungkin karena berat, ribet, atau sebagainya, dan akhirnya membeli air mineral di warung terdekat menjadi solusinya. Tapi ini justru bisa merusak kantong kamu lho!

Jika sehari kamu bisa membeli air mineral dua kali dan harga satuannya Rp4.000. Maka sehari kamu sudah mengeluarkan Rp8.000 yang seharusnya bisa dihemat jika membawa air mineral dari rumah.

Jajan di Warung atau Minimarket
Kadang membeli cemilan murah yang tidak sampai Rp5.000 bisa juga mengganggu keuangan. Kesannya hanya mengeluarkan sedikit uang dan lupa diri. Ujung-ujungnya tetap mengeluarkan uang dalam jumlah yang melebihi kapasitas. Belum lagi jika mampir ke minimarket atau supermarket. Niat hanya membeli sabun mandi tapi malah tergoda untuk membeli yang lain.

Mengambil Uang di ATM 
Biasanya agar lebih praktis kamu lebih memilih dalam sekali penarikan jumlahnya banyak. Padahal jumlah tersebut bisa menipu. Nantinya kamu akan merasa selalu memiliki uang sehingga tidak membatasi pengeluaran. Cobalah menarik uang secukupnya agar kamu dapat mengira-ngira pengeluaran per harinya dan jangan biasakan menarik uang tunai di ATM bank lain.

Nah, kira-kira hal mana yang paling sering kamu langgar dalam menghemat pengeluaran?


*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: gptours.cc
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Rahasia Kantong “Seret” di Akhir Bulan Rating: 5 Reviewed By: mindis.id