mindis.id
Latest News
Friday, December 9, 2016

Permasalahan adalah “Guru” Kehidupan

Baca Juga

menghadapi masalah

Hidup yang tengah dijalani memang tidak pernah lepas dari berbagai masalah. Ketika membuka mata di pagi hari saja mungkin sudah beragam masalah yang berkecamuk di dalam pikiran kita. Namun, masalah yang dihadapi berbagai tipe. Ada yang ruangnya kecil sehingga akan selesai dengan sendirinya dan ada masalah besar yang lebih kompleks. 

Biasanya orang banyak yang merasa frustrasi dan akhirnya menyerah terhadap masalah yang tipe seperti ini. Akan tetapi, setidaknya kita harus setuju bahwa masalah ialah salah satu “guru” kehidupan. Kira-kira, kenapa ya?

Masalah adalah Proses Pendewasaan
Sering kali kita mengeluh dan rasanya ingin menyerah kala dihadapkan pada persoalan yang rumit. Namun sekeras apa pun keluhan dan rasa frustrasi itu, jika suatu masalah telah berhasil diselesaikan maka sebenarnya kita sedang bertumbuh untuk mendewasakan diri. Karena bisa saja, penyelesaian atau keputusan yang kita ambil justru membentuk pola pikir yang kian baik.

Masalah adalah Pengalaman
Ya, masalah merupakan salah satu deretan peristiwa yang mewarnai kehidupan kita. Maka masalah adalah sebaik-baiknya pengalaman untuk memperbaiki diri dalam mengambil langkah selanjutnya.

Masalah Akan Melahirkan Pribadi yang Baru
Beragam hal yang kita lakukan dalam mengatasi rumitnya sebuah permasalah ternyata akan membentuk sebuah pribadi yang baru. Jika kita tengah gagal dan tengah berusaha untuk bangkit, maka ketika hal tersebut telah dilalui akan lahirlah pribadi yang lebih kuat tentunya.

Nah, Sobat, jangan frustrasi lagi ya kalau ketemu "guru" kehidupan ini!

*Miftahur Rahmi
Mahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

(dari berbagai sumber)
Sumber gambar: communicationtheory.org
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Permasalahan adalah “Guru” Kehidupan Rating: 5 Reviewed By: mindis.id