mindis.id
Latest News
Tuesday, December 27, 2016

Perlukah Membuat Resolusi Tahun Baru?

Baca Juga

resolusi 2017

Sering kali pergantian tahun menjadi waktu yang pas untuk mulai menulis resolusi di tahun berikutnya. Ada banyak hal yang perlu dibenahi dan diperbaiki juga lebih banyak lagi target-target yang harus dicapai. Mungkin di atas selembar kertas kecil, kita menuliskan poin-poin yang harus dicapai selama tahun berikutnya.

Akan tetapi, efektifkah? Ketika menulis berbagai pencapaian yang harus didapatkan sebaiknya kita memang benar-benar memiliki usaha dan poin yang jelas untuk memulainya. Tak jarang, menulis resolusi tersebut seperti sebuah kegiatan yang selalu menghantui setiap pergantian tahun. Dibandingkan membuat resolusi, kenapa kita tidak mencoba untuk bertanya kepada diri sendiri, sanggupkah kita melakukan beberapa hal di tahun yang akan datang? Menurut penelitian yang ditulis di Journal of Consumer Psychology menunjukkan, dengan bertanya dapat menghasilkan konsistensi dan perubahan nyata dalam diri seseorang.

Dari bertanya hingga cara menjawab, kita bisa mengukur diri apakah mampu atau tidak untuk melakukan hal tersebut. Walaupun faktor kepercayaan dan kebesaran tetap masuk hitungan di dalamnya karena hal tersebut merupakan proyeksi relegius seseorang.

Kadang, tak semua orang pandai bekerja dan bermimpi di bawah tekanan. Ada yang lebih memilih hidup seperti air mengalir tanpa mau untuk melawan atau hidup dengan penuh perlawanan. Tidak ada yang salah, namanya tetap pilihan. Membuat resolusi atau tidak.

Jangan lupakan, resolusi membuat kita lebih memiliki keinginan dan pencapaian. Singkatnya lebih punya tujuan. Akan tetapi kesalahan dalam membuat resolusi adalah tidak adanya rencana B jika rencana A gagal. Tak heran jika tahun berikutnya akan banyak penyesalan jika memilih rencana yang tak sesuai rencana.

Maka yang ingin menulis resolusi, tulislah dengan baik dan tanyakan kepada diri sendiri apakah sanggup melakukannya dan yakinkan. Lain halnya dengan yang tak mau membuat resolusi, jalanilah tahun selanjutnya dengan penuh kejutan tak terduga. Jangan lupa untuk mengharapkan kebaikan bagi negara dan orang sekitar ya!
   

*Miftahur RahmiMahasiswa Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Sumber gambar: bintang.com
  • Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Perlukah Membuat Resolusi Tahun Baru? Rating: 5 Reviewed By: mindis.id